HOLOPIS.COM, JAKARTA – Survei jajak pendapat Litbang Kompas terkini menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meningkat signifikan dari preferensi pemilih generasi Z.

“(Survei Litbang Kompas terkini) Prabowo Subianto dengan 20,6 persen,” kata peneliti Litbang Kompas Arita Nugraheni yang dikutip Holopis.com, Senin (27/2).

Survei Litbang Kompas pada Oktober yang lalu mencatat pemilih Prabowo dari generasi Z sebesar 16,6 persen. Peningkatan ini merupakan yang pertama sejak survei yang sama digelar Januari 2022.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengalami kehilangan suara gen Z sebesar 0,7 persen dibandingkan survei Oktober 2022. Untuk pertama kalinya sejak survei gen Z digelar pada Januari 2022, Ganjar mengalami kehilangan suara.

“Sejak survei Januari 2022, ini pertama kalinya bagi Ganjar kehilangan suara pemilih gen Z dan pertama kali bagi Prabowo mendapatkan tambahan suara. Di tengah dinamika ini, gen Z masih memberikan sumbangan besar bagi elektabilitas Ganjar dan mengukuhkan keterpilihan Prabowo,” tutur Arita.

Untuk posisi ketiga saat ini ditempati oleh Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas 9,1 persen. Sedangkan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini berada diposisi keempat keempat dengan angka 8,8 persen atau kehilangan suara gen Z mencapai 4,5 persen.

“Perolehan suara Anies ini merupakan yang terendah sejak survei Januari 2022,” ucap Arita.

Sementara itu, partai politik yang didirikan Prabowo yaitu Gerindra, kini memiliki elektabilitas 17,1 persen atau naik 3,2 persen.