Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizDPR Nilai IPO Pertamina Geothermal Berisiko Rugikan Keuangan Negara

DPR Nilai IPO Pertamina Geothermal Berisiko Rugikan Keuangan Negara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto menyoroti rencana Menteri BUMN, Erick Thohir yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO) PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Mulyanto menilai, rencana IPO dari sub holding PGE sangat berisiko bagi keuangan negara. Sebab, aset negara dari BUMN Pertamina dialihkan kepada swasta dan menjadi milik swasta.

“Apalagi setelah itu dijual ke publik melalui IPO,” kata Mulyanto sebagaiman dikutip Holopis.com dari laman resmi dpr.do.id, Senin (27/2).

Selain itu, dia juga menyoroti beredarnya kabar bahwa kepemilikan saham untuk masyarakat dibatasi maksimal hanya 25 persen. Sementara sisanya akan dialokasikan bagi investor institusi, termasuk kepada perusahaan asing.

“Model IPO seperti itu sangat berbahaya karena dapat membuka pintu privatisasi dan melanggar prinsip-prinsip bernegara terkait pengelolaan sumber daya alam. Karena sesuai Undang-Undang Panas Bumi, sumber daya panas bumi ini dikuasai oleh negara. Pertamina sebagai badan usaha milik negara diberikan mandat untuk pengusahaannya,” jelas politisi PKS tersebut.

Sesuai dengan konstitusi, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) harus dioptimalkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat melalui badan usaha milik negara. Bukan malah diprivatisasi dan dijual kepada pihak swasta.

“Klausul tersebut diturunkan dari konstitusi yang mengamanatkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” pungkas Mulyanto.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.