Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani : Kemungkinan Terjadinya Resesi Masih Ada

Sri Mulyani : Kemungkinan Terjadinya Resesi Masih Ada

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati berbicara perihal perekonomian di tahun 2023 ini, baik perekonomian Indonesia maupun global.

Dikatakan Sri Mulyani, seluruh negara-negara di dunia terutama negara maju, pertumbuhan ekonominya di tahun ini diperkirakan lebih lambat dari tahun 2022.

Atas hal tersebut, bendahara negara itu menyebut ancaman resesi yang selama ini menghantui seluruh negara, termasuk Indonesia pun masih tetap ada.

“Tren pelemahan di negara maju ini masih berlanjut, dan kemungkinan terjadinya resesi juga masih ada,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dikutip Holopis.com, Rabu (22/2).

Kemudian untuk perekonomian Indonesia, Sri Mulyani menyebut pertumbuhan ekonomi di angka 5,3 persen masih relatif dalam situasi sangat baik.

Bahkan dikatakan Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik ketimbang negara di Asia Tenggara dan G20.

“Ini adalah sebuah prestasi dan sekaligus juga menjadi landasan bahwa kita optimis karena dari sisi perekonomian menunjukkan adanya resiliency dari momentum pertumbuhan ekonomi yang sangat kuat,” katanya.

Hingga Januari 2023, Sri Mulyani melaporkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencatatkan surplus sebesar Rp90,8 triliun atau 0,43 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto).

Angka tersebut berkat peningkatan pendapatan yang masih lebih tinggi dari peningkatan belanja negara. Tercatat pendapatan negara di bulan Januari ini meningkat menjadi Rp232,2 triliun, lebih tinggi 9,4 persen dari target yang telah ditetapkan.

Sementara untuk belanja negara tercatat meningkat menjadi 141,4 triliun, atau lebih tinggi 4,6 persen dari target.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

AMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

Menteri ESDM (Energi, Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perusahaan PT Amman Minteral Internasional menjadi perusahaan yang berani membangun smelter hasil tambang tembaga di Indonesia.

Awal Pekan, Harga Emas di Pegadaian Kompak Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Hati-Hati, IHSG Rawan Koreksi di Perdagangan Awal Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan terkoreksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/9), setelah IHSG mencatatkan kinerja buruk pada pekan lalu.

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.