Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pemerintah Siapkan Inpres Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan, bahwa Presiden Joko Widodo tengah mempersiapkan Instruksi Presiden (Inpres) yang akan mengakomodir hasil rekomendasi tim Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran HAM Berat (PPHAM).

“Kita sedang siapkan Inpres, yang menugaskan 19 menteri untuk melaksanakan hasil rekomendasi PP HAM,” kata Mahfud MD dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (21/2).

Ia menjelaskan, bahwa pihak yang akan diberikan tugas melakukan pemantauan implementasi dari Inpres tersebut adalah Ketua Tim Pelaksana PPHAM, Makarim Wibisono.

“Nanti, Ketua pemantau di lapangan adalah pak Makarim Wibisono dan tim PP HAM yang dulu, mereka akan memantau pelaksanaan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Mahfud MD menegaskan bahwa target pemerintah untuk merampungkan Inpres tersebut adalah awal bulan April 2023.

“Targetnya, 1 April ini sudah selesai, sehingga bisa mulai terlaksana,” ucap Menko.

Sekedar diketahui Sobat Holopis, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah membentuk tim khusus untuk melakukan kajian mendalam tentang penyelesaian perkara HAM berat masa lalu.

Tim khusus tersebut diakomodir oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia (PPHAM) yang Berat Masa Lalu.

Menko Polhukam Mahfud MD menjadi ketua tim pengarah dan Makarim Wibisono menjadi ketua tim pelaksana.

Tim lainnya adalah ; Ifdhal Kasim (Wakil Ketua), Suparman Marzuki (Sekretaris).

Lalu di posisi anggota, ada ;
1. Apolo Safanpo,
2. Mustafa Abubakar,
3. Harkristuti Harkrisnowo,
4. As’ad Said Ali,
5. Kiki Syahnakri,
6. Zainal Arifin Mochtar,
7. Akhmad Muzakki,
8. Komaruddin Hidayat, dan
9. Rahayu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru