Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizAwas, Ada MinyaKita Palsu di Jateng

Awas, Ada MinyaKita Palsu di Jateng

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kelangkaan minyak goreng curah kemasan merek MinyaKita di pasaran, dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan kasus pemalsuan MinyaKita di wilayah Jawa Tengah, yakni di Kabupaten Sragen. Pemalsuan minyak goreng bersubsidi itu dilakukan dengan modus menempel label MinyaKita di kemasan minyak goreng curah.

Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Kasan mengatakan, MinyaKita palsu itu bahkan dijual dengan harga di atas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp 14.00 per liter.

Adapun kasus penemuan MinyaKita palsu ini terungkap dari hasil pengawasan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag.

“Sudah dilaporkan yang ada di Sragen. Harganya tidak Rp14.000, labelnya juga ditempel,” ujar Kasan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (22/2).

Selanjutnya, temuan itu akan ditindaklanjuti oleh Ditjen PKTN dan Stagas Pangan Bareskrim Polri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait pelaku pemalsuan, Kasan belum bisa memastikan apakah itu perorangan atau badan usaha. Sebab hingga kini, temuan itu masih dalam proses penelusuran.

“Kalau dia ada di pedagang pasti yang mengemasnya bukan pedagang. Nanti akan ditelusuri ke atasnya ke distributornya, dari distributor siapa nih yang memproduksi,” jelasnya

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.