Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizLuhut Akui Tenaga Kerja China Mahal

Luhut Akui Tenaga Kerja China Mahal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengakui bahwa mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri, seperti China sangatlah mahal.

Hal itu disampaikan Luhut kala menjelaskan betapa pentingnya mendirikan politeknik berbasis industri di Indonesia. Sehingga, tercipta tenaga kerja dalam negeri yang terdidik dan terampil, termasuk dalam mengoperasikan mesin.

Sehingga ke depan, Indonesia tak perlu lagi mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri untuk sekadar mengoperasikan mesin industri.

“Karena industri membutuhkan orang yang mumpuni untuk menjalankan mesin. Karena kalau mendatangkan karyawan dari China, biayanya lebih mahal. Mereka paham, jari orang Indonesia itu sangat bagus,” ujar Luhut yang dikutip Holopis.com dari unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.panjaitan, Minggu (19/2).

Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini tengah gencar melakukan hilirisasi industri di sektor komoditas andalan Indonesia, seperti nikel, bauksit dan sebagainya.

Luhut menjelaskan, hilirisasi menjadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia dalam mempertahankan pertumbuhan positif di tengah melemahnya ekonomi dunia.

Dia menegaskan, pemerintah terus mengembangkan hilirisasi industri demi meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam Indonesia yang melimpah.

“Hilirisasi industri ini akan mendatangkan manfaat kepada para penduduk di sekitar lokasi industri hilirisasi berada,” tukas Luhut.

Lebih lanjut, Luhut mencotohkan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia telah dilakukan pemerintah di Papua.

“Kami sudah membuktikan satu hal bahwa membangun infrastruktur dan membangun manusia yang terdidik dan terampil bisa kita lakukan bersama-sama,” tegas Luhut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.