Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizBI Pede Ekonomi RI Masih Bisa Tumbuh di Atas 5 Persen

BI Pede Ekonomi RI Masih Bisa Tumbuh di Atas 5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo begitu yakin dengan prospek perekonomian Indonesia ke depan. Dia memprediksi angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 ini dapat melesat di atas 5 persen.

“Revisi ke atas pertumbuhan ekonomi bias ke atas 4,5 persen hingga 5,3 persen, titik tengahnya 4,9 persen,” kata Perry dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (17/2).

“Kalau bias ke atas bisa lebih tinggi dari 5 persen, tapi apakah lebih tinggi dari 5,3 persen? pandangan BI mungkin belum. Perkiraan kami di Indonesia bias ke atasnya menjadi 5,1 persen,” tambah Perry.

Perry menegaskan, bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi itu sudah lebih baik ketimbang negara-negara dan pertumbuhan ekonomi global yang hanya sebesar 2,3 persen.

Adapun alasan Bank Sentral Indonesia itu begitu yakin dengan kinerja perekonomian Indonesia, yakni tak lepas dari kebijakan China yang sudah tidak lagi menerapkan kebijakan zero Covid-19.

Dibukanya kembali ekonomi China, kata Perry akan mendorong kinerja ekspor Indonesia ke negara lain dan menjadi sumber ekonomi tanah air.

“Dari mana asalnya? yaitu konsumsi swasta lebih cepat dari yang kita perkirakan dengan adanya pencabutan PPKM dan kepercayaan konsumen. Dua itu utama di samping ada sumber-sumber lain,” jelas Perry.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.