Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Presiden Bank Dunia Bakal Mundur Lebih Awal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Bank Dunia, David Malpass menyampaikan bahwa dirinya berencana mundur setahun lebih awal, yakni pada 30 Juni 2023 mendatang. Dia menganggap, posisinya sebagai presiden Bank Dunia merupakan sebuah kehormatan dan keistimewaan.

“Merupakan kehormatan dan keistimewaan yang luar biasa untuk melayani sebagai Presiden lembaga pembangunan utama dunia,” kata Malpass kepada jurnalis Internasional yang dikutip Holopis.com, Kamis (16/2).

Dia pun mengaku cukup bangga karena lembaga pimpinannya itu dapat hadir bagi negara-negara berkembang yang tengah menghadapi krisis. Bank Dunia telah memberikan pinjaman kepada kepada negara-negara berkembang tersebut untuk menekan angka kemiskinan.

Sebagaimana diketahui, Malpass menjabat presiden Bank Indonesia pada tahun 2019 lalu. Kala itu, dirinya ditunjuk oleh Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan manajerial tertinggi Bank Dunia.

Sebagai informasi, AS merupakan pemegang saham terbesar Bank Dunia yang terdiri dari 187 negara. Oleh karena itu, negara Paman Sam tersebut memiliki kewenangan untuk menunjuk presiden Bank Dunia.

Selama kepemimpinan Malpass, Bank Dunia banyak terlibat dalam berbagai krisis, termasuk pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 dan perang antara Rusia-Ukraina. Fokus kebijakan Malpass, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi beban utang pemerintah, dan membantu mengurangi kemiskinan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru