HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) kembali berhasil mengevakuasi lima korban meninggal dunia terdampak gempa Turki di sektor Q daerah Esenlik.

Tim INASAR yang diwakili oleh Tim Bravo dan K9 mendapatkan penugasan dari UCC untuk melaksanakan ASR 2 di sector T, Cekmece.

Tim Bravo yang berjumlah 16 Orang dan 2 ekor K9 berangkat dari Base of Operation (BoO) pukul 10.00 waktu setempat. Pada pukul 10.45 Tim Bravo kemudian menerima permintaan bantuan dari USAR di sektor Q, Eselik.

Kemudian tim langsung bergerak untuk melakukan Assestment di lokasi tersebut. Setibanya, tim sudah disambut alat berat yang sedang bekerja mengangkat puing-puing bangunan.

Alat berat (excavator) kemudian dihentikan sejenak dan tim Bravo melakukan ASR 2 dan pencarian menggunakan metode canine dan manual search untuk memastikan posisi keberadaan korban.

Setelah pencarian ditemukan tanda tanda posisi korban, selanjutnya excavator diarahkan untuk membongkar reruntuhan yang dicurigai keberadaan korban.

Fisik kelima korban pun terlihat dan langsung dievakuasi tim bravo, kemudian korban diserahkan ke keluarga.

Selanjutnya tim Bravo melakukan decontaminasi atau proses pembersihan setelah melakukan evakuasi, dan kemudian tim kembali melanjutkan ASR 2 disekitar wilayah korban terakhir ditemukan.

Sebagai informasi, gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah sejak Senin (6/2) sendiri hingga saat ini sudah menyentuh lebih dari 40 ribu korban meninggal dunia.