HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPU (Komisi Pemilihan Umum) meluncurkan Kirab Pemilu 2024, yang bertujuan untuk menyambut satu tahun menjelang hari pemungutan suara.

“Hari ini, kita bersama-sama hadir di sini dalam rangka semangat untuk satu tahun menuju pemungutan suara Pemilu 2024 yang ditandai dengan peluncuran kirab,” kata Ketua KPU, Hasyim Asy’ari dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Selasa (14/2).

Kirab Pemilu 2024 akan dilakukan dari 7 (tujuh) titik lokasi, dimulai Kantor Komite Independen Pemilihan (KIP) Aceh; KPU Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau; KPU Provinsi Kalimantan Barat.

Kemudian KPU Provinsi Kalimantan Utara; KPU Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara; KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan KPU Provinsi Papua.

“Nanti, (kirab dilakukan) secara estafet dari kabupaten/kota titik dimulainya kirab itu, estafet sambung menyambung, dan nantinya bulan November akan sampai di DKI Jakarta, di Kantor KPU RI,” jelasnya.

Hasyim juga menjelaskan, bahwa kirab tersebut menandakan bahwa Pemilu 2024 tidak hanya terjadi di tingkat pusat, tetapi juga di seluruh daerah di Indonesia.

“Semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi, pemilih konstituen berasal dari daerah,” lanjut dia.