HOLOPIS.COM, JAKARTA – Awet muda akhir-akhir ini menjadi kata kunci yang lumayan menarik untuk dicermati. Baik dari pernyataan salah seorang selebgram, Gita Savitri Devi yang mengatakan memilih untuk hidup dengan “childfree” agar awet muda.

Hingga drummer Dewa-19, Tyo Nugros yang kini berusia 52 tahun tapi penampilannya masih sama seperti beberapa puluh tahun lalu.

Pernyataan untuk “childfree” biarlah menjadi pilihan hidup sang selebgram. Yang unik adalah kabar bahwa sang drummer band legendaris yang konon bisa awet muda karena tidak makan garam dan MSG. Meski kemudian konon Tyo Nugros membantah menghindari sama sekali garam, namun dia mengakui memang mengurangi asupannya dalam makanan sehari-hari.

Pertanyaannya, bagaimana caranya kita bisa menahan arus garam alias sodium yang meraja lela dalam berbagai makanan kita sehari-hari? Badan kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) menganjurkan untuk membatasi konsumsi sodium 2.400mg atau sekitar 1 sendok teh garam per hari.

Tentu saja jangan hanya menghitung asupan garam dari garam meja yang Anda tambahkan dalam makanan Anda. Tapi pertimbangkan juga garam yang ditambahkan industri makanan dalam makanan yang diproses.

Meski makanan yang diproses tidak terasa asin, ternyata kadarnya bisa sangat tinggi. Misalnya saja pada roti yang cukup sering dimakan orang.

Jadi, bagaimana cara mengurangi asupan garam? Berikut beberapa tipsnya seperti dikutip dari healthline dan beberapa situs lain.

1. Teliti sebelum membeli
Lebih baik beli bahan makanan yang segar. Bukan sayur, daging atau apapun dalam kemasan seperti kalengan. Jika terpaksa pilih makanan dalam kemasan yang rendah garam atau tanpa garam jika memungkinkan.

2. Baca kemasan
Jika membeli makanan siap saji, usahakan yang mengandung hanya 600 miligram garam per makanan. Baca kandungan garam per sajian di label makanan dan jangan lupa memeriksa jumlah sajian per kemasan. Bahkan jika Anda bisa membeli makanan yan segar, pastikan apakah makanan tersebut ditambahi garam, meski dikatakan ‘sekadar’ untuk pengawet.

3. Memangkas garam di rumah
Saat memasak gunakan pengganti garam untuk menguatkan rasa. Seperti misalnya bawang putih, perasan jeruk, bumbu tanpa garam atau rempah-rempah.

4. Makanan tanpa banyak olahan
Siapkan bahan makanan dalam bentuk yang paling dasar. Seperti beras, pasta, kacang-kacangan dalam bentuk mentah bukan yang sudah diproses.

5. Makan lebih banyak sayur dan buah
Perbanyak pilihan asupan makanan buah dan sayur segar demi memenuhi serat dan mineral di dalam tubuh.

6. Hindari produk berbahan pengawet
Sebaiknya kurangi berbagai produk dengan pengolahan kimiawi tambahan, seperti ; saus, saus sambal, produk instan, beras dengan aroma atau pasta siap saji.

7. Kontrol makanan di luar
Saat makan di luar, tanyakan pada pramusaji jenis makanan dengan kadar garam paling rendah. Jangan lupa pesan sayur dan buah. Berbagi makanan dengan teman dan keluarga menjadi cara mudah mengurangi porsi makanan. (UW)