Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Seperti Pandemi COVID-19, Berikut 5 Rekomendasi Film Tentang Wabah Virus

FILM, HOLOPIS.COM – Situasi yang semakin memburuk akibat COVID-19 tentu membuat kita semakin khawatir dan takut. Saat ini mungkin separuh penduduk di dunia tengah berdiam diri di rumah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus yang lebih luas lagi. Semua orang tentu dalam situasi tak nyaman.

Menonton film merupakan salah satu aktifitas yang dapat kalian lakukan ketika harus berdiam diri dirumah, apa lagi kalo film-film yang kita tonton sangat erat dengan kejadian nyata saat ini, situasi pandemi COVID-19 yang belum berujung, karena virus baru yang bermutasi di beberapa negara, dan menyebar secara cepat.

Berikut rekomendasi film-film tentang wabah, yang dapat kalian tonton;

1 Outbreak

5e854c225df91.image
Outbreak Movie

Outbreak (1995) adalah film aksi bencana arahan sineas gaek Wolfgang Petersen yang telah banyak menggarap film-film aksi berkelas, seperti In the Line of Fire, Air Force One, Perfect Storm, Troy, serta film perang masterpiece-nya Das Boot. Outbreak dibintangi oleh Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman, Donald Sutherland, serta Cuba Gooding Jr.

Karya garapan Woldgang Petersen ini menceritakan tentang penyebaran virus mematikan yang mewabah di California. Virus tersebut ternyata berasal dari monyet asal Afrika yang diselundupkan ke Amerika. Ternyata, monyet tersebut mengidap virus yang dapat membunuh orang jika terkontaminasi hanya dalam hitungan jam. Virus mematikan itu juga bermutasi sehingga mampu menyebar layaknya flu biasa. Selain menyebar di udara, virus tersebut juga dapat menyebar melalui sentuhan fisik.

Outbreak adalah satu contoh film bencana virus terbaik dan dapat menjadi satu contoh kasus kecil bagaimana serangan virus bisa berdampak besar dalam waktu singkat. Kita bisa melihat warga yang frustasi dan panik, betapa lelah dan beresikonya para dokter dan perawat. Militer bahkan menembak warga yang memaksa keluar dari batas kota. Brutal! Tak ada siapa pun yang menginginkan situasi ini. Semua pihak termasuk kita sendiri harus lebih serius melihat ini atau korban bakal berjatuhan lebih banyak lagi.

2 The Flu

maxresdefault 2
The Flu Movie

The Flu (2013) digarap dan ditulis naskahnya oleh Kim Sung-su yang dirilis pada tahun 2013. Popularitas film ini, kini semakin meningkat mengingat situasi yang sama terjadi saat ini, Pandemi COVID-19 yang melanda Dunia. Film ini dibintangi 2 pemain besar, yakni Soo Ae, Jang Hyuk, serta bintang cilik Park Min-ha.

The Flu menceritakan tentang wabah virus H5N1 di distrik Bundang, Korea Selatan. Virus ini sangat mematikan karena bisa membunuh korban hanya dalam waktu 36 jam. The Flu tak hanya menunjukkan bagaimana bahayanya sebuah virus dalam mengacaukan kota. Film ini juga memperlihatkan betapa ganasnya ego manusia dalam keadaan terdesak.

Apresiasi patut dilayangkan para pembuat film ini karena tak mudah membuat film berskala kolosal. Adegan ratusan orang yang panik di supermarket hingga di jalanan kota mampu disajikan dengan sangat baik.

3 The Happening

MV5BMTkwMDM4NDUxNF5BMl5BanBnXkFtZTcwNDc1OTA3MQ@@. V1 CR045480270 AL UX477 CR00477268 AL
The Happening Movie

The Happening (2008) adalah film thriller bencana arahan sineas kondang M. Night Shyamalan yang berperan juga sebagai produser dan penulis naskahnya. Seperti kita tahu, Shyamalan adalah sineas papan atas yang telah memproduksi film berkelas dan sukses, seperti The Sixth Sense, Unbreakable, dan Signs. Film ini pun dibintangi aktor-aktris ternama, seperti Mark Wahlberg, Zooey Deschanel, dan John Leguizamo.

Berkisah di Kota New York yang dilanda bencana misterius. Ribuan warga kota mendadak membunuh dirinya sendiri tanpa alasan yang jelas, seperti dihipnotis. Elliot (Wahlberg) dan Alma (Deschanel), bersama kolega mereka dan putrinya, terpaksa ikut dalam gelombang evakuasi besar-besaran ke kota sebelah. Kereta yang mereka tumpangi mendadak berhenti di sebuah kota kecil. Tanpa disadari, mereka terjebak dalam situasi, di mana mereka tidak memiliki jalan keluar karena semua wilayah di sekitar telah dilanda bencana.

Ide filmnya brilian dan segar. Sejak awal hingga menjelang akhir, penonton di bawa masuk ke dalam situasi tak menentu yang tak jelas mengapa dan sangat membuat rasa penasaran kita terusik. Satu hal yang kita tahu, mereka harus lari untuk bisa selamat. Adegan pembuka yang memperlihatkan warga kota yang bunuh diri secara massal disajikan begitu menakutkan, dan hal ini dianggap, sebagai salah satu segmen yang paling mengerikan yang pernah disaksikan dalam film ini.

4 Contagion

09virus critic1 superJumbo
Contagion Movie

Contagion berkisah tentang wabah mematikan, yakni virus MEV-1 yang digambarkan sejak awal sekali, bagaimana bencana ini bisa bermula. Oleh karena luasnya skala cerita, sang sineas menggunakan banyak plot dan karakter dalam menyajikan kisahnya. Sejak pembuka film, melalui montage kecil, secara bergantian disajikan beberapa tokoh yang dikisahkan sebagai pemicu awal terjadinya penyebaran virus ini. Digambarkan, satu demi satu, orang-orang tersebut mulai sakit hingga mereka tewas mengenaskan dalam waktu relatif singkat.

Film ini menggambarkan semua aspek dalam kasus wabah virus ini secara realistik dan komprehensif. Dalam filmnya dikisahkan virusnya merenggut 25 juta orang di bumi, dan tercatat menjadi salah satu virus paling berbahaya di dunia, bersama SARS dan H1N1. Film ini telah menyajikan secara lengkap segala macam proses dan prosedur dari A hingga Z. Melalui gambaran film ini, selain menambah pengetahuan tentang seluk-beluk virus, kita sebagai warga biasa dapat lebih berhati-hati lagi, untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri maupun lingkungan sekitar.

5 The Cassandra Crossing

images 6
The Cassandra Crossing Movie

Di Tahun 1970-an dikenal sebagai era emas film bencana dengan karya-karya masterpiece genrenya, sebut saja Airport, Poseidon Adventure, hingga Towering Inferno. Terkait dengan bencana wabah, The Cassandra Crossing (1976) adalah satu contohnya. Inti filmnya berkisah tentang satu wabah penyakit yang ditularkan di sebuah kereta api yang tengah berjalan. Menarik bukan. Film ini diarahkan oleh George P. Cosmatos dengan bermain di dalamnya sederetan bintang internasional ternama kala itu, seperti Sophia Loren, Richard Harris, Martin Sheen, Eva Gardner, O.J. Simpson, hingga Burt Lancaster.

Berkisah seorang teroris berhasil lolos dari aksi pemboman di kantor organisasi kesehatan dunia di Jenewa. Dua rekannya tewas, namun malangnya, sebelum meloloskan diri, sang teroris terkena cairan eksperimen di ruang isolasi laboratorium yang rupanya adalah bakteri mematikan. Sang teroris berhasil menyelinap masuk ke sebuah kereta api yang bertujuan ke Stockholm. Tak lama setelah kereta berjalan, sang teroris pun terlihat sakit. Tanpa ia sadari, ia pun menulari orang-orang yang didekatnya.

The Cassandra Crossing adalah satu contoh tipikal film bencana era 1970-an, bertempo cepat, kompilasi bintang ternama, menegangkan dan menghibur. Film ini menyajikan protokol yang sesungguhnya untuk mencegah penyebaran wabah agar tidak lebih meluas. Segmen di Nuremberg, ketika seluruh penumpang kereta api di lockdown disajikan sangat detil dan rinci.

Selamat Menonton, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari Film-Film ini!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Film ‘Tulang Belulang Tulang’ Angkat Tradisi Mangongkal Holi Leluhur Batak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Film drama roadtrip terbaru persembahan Adhya Pictures...

Nikita Mirzani Sebut Loly Masih Tantrum Saat Jalani Pemeriksaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Usai melakukan visum di Rumah Sakit, Laura...

ISpeedShow Puji Lucinta Luna Cantik, Netizen : Jangan Gegabah Speed

Lucinta Luna ternyata turut heboh saat streamer Speed atau IShowSpeed mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru