HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini, tanggal 11 Februari merupakan Hari Internasional Perempuan dan Anak dalam Sains, atau International Day of Women and Girls in Science.

Sesuai dengan namanya, ini adalah peringatan bahwa perempuan dan anak perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia sains serta teknologi.

Saat ini, bidang karir di dunia Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika sedang kekurangan tenaga perempuan dan sangat membutuhkan lebih banyak tenaga serta ide-ide dari perempuan.

Kesenjangan gender juga terjadi di bidang-bidang ini. Banyak perempuan yang merasa kurang diberikan apresiasi yang sesuai dengan prestasi mereka.

Sejarah Singkat Hari Perempuan dan Anak Perempuan dalam Sains Internasional

Pada 14 Maret 2011, Komisi Status Perempuan (the Comission on the Status of Women) memberikan laporan yang memiliki tujuan demi mendorong partisipasi perempuan dan anak perempuan dalam pelatihan dan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Tujuan lain yang diharapkan adalah untuk fokus pada promosi akses setara perempuan ke pekerjaan penuh dan pekerjaan yang layak.

Peran penting perempuan dalam dunia sains
Peran penting perempuan dalam dunia sains [Foto: Istock]

Kemudian pada tanggal 20 Desember 2013, Majelis Umum mengadopsi resolusi tentang sains, teknologi, dan inovasi untuk pembangunan, yang mengakui bahwa untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan, mereka harus memiliki akses dan partisipasi yang penuh dalam sains, teknologi dan inovasi.

Sudah dirayakan sebanyak 8 kali, dengan adanya hari ini, diharapkan para perempuan dan anak perempuan dapat membangun jembatan antar komunitas internasional, agar bisa menghubungkan pengetahuan serta kehalian mereka.