HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi Sobat Holopis yang ingin nonton film drama keluarga dengan banyak pelajaran hidup, film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Apalagi bagi yang sudah menonton film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020), pastinya wajib nonton kelanjutan kisah Aurora dan saudara-saudaranya di film ini.

Sheila Dara, Rio Dewanto, dan Rachel Amanda, kembali menjadi Aurora, Angkasa, dan Awan.

Kali ini, kisah ketiga saudara ini fokus dengan Aurora yang sedang sekolah kesenian di Inggris menggunakan uang pensiun sang ayah (Donny Damara).

Namun karena berbagai masalah yang tak mau ia ceritakan ke keluarga, Aurora tidak memberikan kabar kepada keluarga di Jakarta, sehingga membuat Angkasa dan Awan ke London.

Di London, Aurora sudah memiliki dua sahabat dekat, Kit (Jerome Kurnia) dan Honey (Lutesha). Ia juga memiliki hubungan toxic dengan kekasihnya Jem (Ganindra Bimo).

Setelah Angkasa dan Awan menemui Aurora di London, Aurora akhirnya memberikan pengakuan mengejutkan yang selama ini ia pendam dalam hati.

Jika dibandingkan dengan film sebelumnya, Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang memiliki warna yang berbeda dari Nanti Kita Cerita tentang Hari ini. Penonton ikut merasakan perjuangan Aurora yang mencari jati diri dan rumah, di negeri yang jauh dari keluarga.

Untuk orang-orang yang sedang merantau untuk kerja, kuliah, atau karena menikah sehingga tinggal jauh dari keluarga mungkin akan merasa relate dengan film ini.

Atau mereka yang pernah berada dalam hubungan toxic juga bisa merasakan apa yang persis dirasakan Aurora.

Meskipun film ini terasa memiliki banyak loose ends di sana sini, namun penonton memahami kesimpulan Aurora yang akhirnya menemukan kedamaian sesungguhnya dengan keluarga yang ia pilih.

Holopis.com memberikan film ini nilai 7.2/10. Cukup menarik, meskipun dengan alur cerita yang sedikit membingungkan jika tidak benar-benar memperhatikan tiap dialog.