HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyinggung mengenai ancaman kebakaran hutan dan lahan yang selalu musiman terjadi setiap tahunnya di wilayah Indonesia saat membuka Rapim TNI dan Polri.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memperingatkan para pimpinan TNI Polri di daerah untuk selalu waspada dalam mengantisipasi bencana musiman tersebut.

“Ini kan el nino. Hati hati tadi saya memberikan warning untuk provinsi Riau, Sumatera Utara, Kalimantan hati-hati,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/2).

Dengan kondisi cuaca yang akan segera memasuki musim kemarau, Jokowi mengingatkan janjinya yang pernah disampaikan pada 7 tahun lalu dalam menghadapi bencana yang kerap dilakukan oleh oknum.

“Karena nanti di akhir Februari atau Maret itu panasnya sudah naik dan janjiannya tetep. Saya ulang lagi tadi janjian saya 7 tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang,” tegasnya.

Jokowi kemudian tidak menyinggung lebih detail mengenai ancaman pidana bagi para pelaku pembakaran hutan dan lahan yang sampai saat ini masih kerap terjadi. Mantan Wali Kota Solo itu kemudian hanya memperingatkan pejabat TNI Polri di daerah untuk bertanggungjawab menghadapi persoalan musiman itu.

“Kalau ada kebakaran besar di provinsi yang tanggung jawab Kapolda, Pangdam Danrem. hati-hati saya hanya ngomong hati hati janjiannya masih berlanjut,” tegasnya.