Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

WHO Turun Gunung Bantu Korban Terdampak Gempa di Turki dan Suriah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), siap memberikan bantuan terhadap korban terdampak gempa di Turki dan Suriah.

Hal tersebut dikemukakan langsung oleh WHO dalam forum khusus mengenai gempa Turki dan Suriah, pada sesi ke-152 Dewan Eksekutif, Selasa (7/2).

Dalam pernyataan awalnya, WHO turut berduka atas musibah luar biasa yang dialami Turki dan Suriah akibat gempa bermagnitudo 7,8 pada Senin (6/2) sebelumnya.

Kemudian, menyampaikan bahwa fokus awal WHO saat ini yaitu menyelamatkan nyawa dan korban yang mengalami luka terdampak gempa, tanpa meninggalkan kesedihan mendalam atas korban meninggal dunia yang terus meningkat sampai saat ini.

“Pemetaan kerusakan sedang berlangsung, untuk memahami di mana kita perlu memfokuskan perhatian kita. Kami beroperasi atas dasar tanpa penyesalan, dengan tim manajemen insiden yang dibentuk dengan cepat di tingkat nasional, regional dan global,” tulis pernyataan WHO, seperti dikutip Holopis.com dari situs resminya, Rabu (8/2).

“Kami memobilisasi pasokan darurat, dan kami telah mengaktifkan jaringan tim medis darurat WHO untuk memberikan perawatan kesehatan penting bagi yang terluka dan paling rentan,” sambungnya.

“WHO mengirimkan tiga penerbangan charter ke kedua negara dengan pasokan medis, termasuk kit trauma bedah besar, dari pusat logistik kami di Dubai,” tambahnya.

Lanjutnya, WHO menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan seluruh pihak otoritas kedua negara, tak hanya berlaku hari ini, namun juga jangka panjang hingga kedua negara pulih.

“Kami akan bekerja sama dengan semua mitra untuk mendukung otoritas di kedua negara, di jam dan hari kritis mendatang, dan di bulan dan tahun mendatang saat kedua negara pulih dan membangun kembali,” tukasnya.

“Ini adalah momen ketika kita harus bersatu dalam solidaritas, sebagai satu kemanusiaan, untuk menyelamatkan nyawa dan meringankan penderitaan orang-orang yang sudah sangat menderita,” tutup pernyataan WHO.

Sebagai informasi, informasi terbaru mengungkapkan bahwa sekitar 7800 orang meninggal dunia.

Jumlah tersebut merupakan keseluruhan atau total korban meninggal dunia terdampak gempa , dimana secara detailnya untuk sementara ini sekitar 5.894 orang tewas di Turki, dan 1932 orang di Suriah.

Kemudian, beberapa bantuan dari negara lain pun kabarnya mulai berdatangan, mulai dari bantuan medis hingga bantuan tenaga tim penyelamat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru