HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan fakta terbaru mengenai pesawat Susi Air yang dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Bandara Paro, Nduga, Papua Tengah.

Fakhiri mengatakan, sebelum adanya aksi pembakaran tersebut, KKB diduga telah melakukan pengancaman kepada pekerja puskesmas di lokasi. Oleh karena itu, pihak kepolisian pun menyiapkan sebuah pesawat untuk melakukan evakuasi.

“Ada pengancaman terhadap pekerja puskesmas. Kita berusaha untuk evakuasi. Namun kemarin pesawat yang kita kirim tadi pagi ya dibakar,” kata Mathius saat mendatangi gedung KPK Jakarta dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (7/2).

Mathius yang mendatangi gedung KPK terkait kasus Lukas Enembe itu pun membantah bahwa aksi yang dilakukan oleh KKB berkaitan dengan proses penangkapan yang telah dilakukan terhadap Gubernur Papua nonaktif tersebut.

“Tidak ada,” kilahnya.

Mathius yang terus berkilah saat ditanyakan mengenai hasil pemeriksaannya di KPK itu pun hanya mau menjelaskan mengenai kondisi pesawat Susi Air yang dibakar KKB. Jenderal bintang dua itu pun menjanjikan bakal terus mengungkap kasus tersebut.

“Ya ada gangguan sedikit dari kelompok bersenjata. Kita sudah berusaha tangani nanti kita akan ke sana untuk bagaimana masyarakat di sana,” tutupnya.