HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Komite Eksekutif PSSI periode 2023-2027.

Dalam pengumuman PSSI yang disampaikan ke muka publik pada Senin (6/2), ditetapkan bahwa jumlah DCT adalah 5 calon Ketua Umum (Ketum), 16 calon Wakil Ketua Umum (Waketum) dan 55 calon Anggota Komite Eksekutif (Exco).

Diketahui, bahwa sebelumnya terdapat beberapa nama yang tidak lolos namun bisa mengajukan banding.

Dalam hal ini, KBP PSSI telah resmi meloloskan dua pemohon banding calon Exco PSSI periode 2023-2027 atas nama Bima Sinung Widagdo dan Mirza Rinaldy Hippy, dimana sebelumnya status mereka ‘tidak lolos dapat banding’ oleh Komite Pemilihan.

“Komite Banding telah melaksanakan tahapan banding yang diajukan para kandidat yang dinyatakan tidak lolos, tapi dapat mengajukan banding. Keduanya, telah dilakukan verifikasi dokumen untuk melengkapi persyarat banding, dan setelah dilakukan telaah serta verifikasi. Keduanya dinyatakan lolos maju menjadi calon yang memenuhi syarat,” ucap Gusti Randa, selaku Ketua KBP, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Selasa (7/2).

Gusti Randa pun menegaskan bahwa putusan tersebut sudah final. Ia berharapn bahwa seluruh pihak bisa menerima dan menghormati keputusan yang telah ditetapkan.

“Harapannya kini ada waktu 10 hari ke depan sebelum Kongres Pemilihan digelar pada 16 Februari mendatang untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kandidat untuk meyakinkan para voter dengan program masa depan sepak bola Indonesia agar lebih baik,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Amir Burhanudin selaku Ketua KP PSSI berharap bahwa berdasarkan jumlah calon yang ada, semoga Kongres Pemilihan pada 16 Februari mendatang bisa berjalan dinamis dan bisa melahirkan suksesi PSSI yang demokratis.

“Tahapan verifikasi administrasi para kandidat Alhamdulillah berjalan lancar. DCT hari ini ditetapkan 5 Caketum, 16 Cawaketum dan 55 Calon Anggota Komite Eksekutif. Dengan jumlah kandidat yang begitu besar ini, semoga Kongres Pemilihan berjalan dinamis, dan optimis akan melahirkan suksesi PSSI yang demokratis, serta lahir program kerja pengelolaan sepakbola modern dan memberikan banyak manfaat serta prestasi bagi Indonesia,” kata Amir.

Sebagai informasi, untuk selengkapnya mengenai daftar nama calon Komite Eksekutif PSSI, KLIK DI SINI.