Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizAirlangga Sebut Tahun Politik Jadi Vitamin Baru untuk Pemulihan Ekonomi

Airlangga Sebut Tahun Politik Jadi Vitamin Baru untuk Pemulihan Ekonomi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut tahun menjelang Pemilu atau yang biasa disebut tahun politik bisa menjadi vitamin baru bagi pemulihan ekonomi.

Pasalnya, belanja politik di tahun politik akan mendorong daya beli masyarakat yang diperkirakan mulai bergerak pada kuartal IV tahun 2023. Terlebih lagi, fundamental Indonesia seluruhnya terbilang kuat.

“Jadi dengan kepastian ini justru tahun politik menjadi vitamin baru untuk pemulihan ekonomi di 2023 dan kita lepas dari ketergantungan berbagai tekanan-tekanan,” ujar Airlangga dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (6/2).

Airlangga juga menekankan, bahwa Pemilu merupakan agenda 5 tahunan yang rutin berjalan Indonesia pasca reformasi.

Sehingga, investor dan pelaku usaha seharusnya tidak perlu takut untuk melakukan kegiatan investasi.

“Selama ini, Pemilu selalu berjalan dengan baik. Justru certainty-nya itu karena prosesnya berjalan demokratis dan tidak pernah ada hal yang luar biasa dalam Pemilu di Indonesia pasca reformasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan bahwa kestabilan politik yang ada saat ini menjadi pemeran penting dalam penanganan pandemi Covid-19 dan berbagai tekanan ekonomi akibat ancaman resesi global.

Dia pun mengambil contoh negara-negara yang ekonominya hancur lebur karena ketidakstabilan politik.

“Negara-negara lain yang politiknya tidak stabil, mereka gamang menangani Covid. Beberapa negara timbul kerusuhan, kekurangan pangan, sampai sekarang kekurangan energi, bahkan masuk dalam pasien IMF,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

AMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

Menteri ESDM (Energi, Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perusahaan PT Amman Minteral Internasional menjadi perusahaan yang berani membangun smelter hasil tambang tembaga di Indonesia.

Awal Pekan, Harga Emas di Pegadaian Kompak Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Hati-Hati, IHSG Rawan Koreksi di Perdagangan Awal Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan terkoreksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/9), setelah IHSG mencatatkan kinerja buruk pada pekan lalu.

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.