HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi besar-besaran di tubuh TNI yang mencakup sejumlah posisi strategis.

Mutasi 84 jabatan tersebut itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tanggal 31 Januari 2023.

Salah satu mutasi yang dilakukan diketahui adalah posisi Komandan Paspampres yang akan dijabat oleh Brigjen TNI Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur H Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.

Sedangkan Marsda TNI Wahyu Hidayat yang sebelumnya menjabat sebagai Danpaspampres dipromosikan menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) TNI Angkatan Udara.

Untuk posisi yang bakal dijabat Wahyu nanti sebelumnya diemban oleh Marsda TNI Taspin Hasan yang selanjutnya akan menjadi Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Tingkat III Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Perdagangan (Ekkudag) Panglima TNI.

Pergantian personel juga terjadi untuk jabatan panglima Komando Operasi Udara (pangkoopsud) II dari Marsda TNI Widyargo Ikoputra ke Marsda TNI Andi Kustoro.

Widyargo akan menjadi Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Wadan Kodiklatau) menggantikan Marsda TNI Yulianta, yang bakal menjabat Tenaga Ahli Pengkali Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Sementara itu, Andi sebelumnya merupakan pendahulu Taspin di jabatan Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI.

Berdasarkan keterangan di salinan SK tersebut, upacara serah terima jabatan untuk 84 jabatan yang dirotasi itu masih menunggu persetujuan keputusan presiden (keppres).

Yudo Margono pun sampai dengan saat ini diketahui telah melakukan rotasi sebanyak dua kali sejak pelantikannya sebagai Panglima TNI. Setidaknya sudah ada 223 jabatan di TNI yang dipilihnya.