HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day (WHD) menjadi hari yang penting bagi wanita muslim di seluruh belahan dunia.

Hari yang diperingati setiap tanggal 1 Februari ini merupakan bentuk penghormatan dan kampanye solidaritas kepada wanita Muslim, khususnya mereka yang mengenakan hijab.

Lantas bagaimana sejarah peringatan hari hijab sedunia itu?

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari National Today, Hari Hijab sedunia ini bermula dari kisah seorang wanita muslim dari Kota New York bernama Nazma Khan.

Semasa kecilnya, Khan sebagai seorang wanita muslim di New York City harus menghadapi banyak diskriminasi karena mengenakan jilbab ke sekolah, terutama setelah serangan 9/11.

Hingga pada akhirnya ketika sudah dewasa, Nazma Khan mendeklarasikan Hari Hijab Sedunia yang pertama pada tanggal 1 Februari 2023, dengan harapan agar segala bentuk diskriminasi terhadap wanita Muslim dapat diakhiri.

Seiring berjalannya waktu, perayaan yang semula hanya ada di lingkungan Nazma, pada akhirnya diakui New York di tahun 2017.

Kemudian, pada tahun 2021, Dewan Perwakilan Rakyat Filipina menetapkan 1 Februari sebagai Hari Hijab Dunia untuk mendorong pemahaman dan penerimaan yang lebih baik terhadap tradisi Islam.