Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizWow, Investasi Hilirisasi Bisa Capai US$545,3 Miliar

Wow, Investasi Hilirisasi Bisa Capai US$545,3 Miliar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah telah menyelesaikan peta jalan (roadmap) investasi hilirisasi strategis dalam rangka mendorong transformasi ekonomi. Dari roadmap tersebut, total investasinya bisa mencapai US$545,3 miliar hingga 2040 mendatang.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mangatakan, bahwa hal tersebut telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas) yang berlangsung di Istana Presiden, Jakarta, Senin (30/1) kemarin.

Alhamdulillah, pekerjaan sudah selesai dan kami sudah laporkan dibagi menjadi delapan bagian dari 21 komoditas peta hilirisasi. Jadi selama ini kita bicara hilirisasi, peta jalan roadmap besarnya itu belum ada, dan alhamdulillah tadi kami sudah laporkan dengan total investasi sampai dengan 2040 sebesar US$545,3 miliar,” kata Bahlil dalam keterangan pers yang dikutip Holopis.com, Selasa (31/1).

Sejauh ini, kata Bahlil, pemerintah telah berhasil menciptakan nilai tambah dari hasil hilirisasi komoditas mineral nikel. Nantinya, mekanisme dari hilirisasi nikel tersebut akan menjadi referensi hilirisasi di sektor lainnya.

“Jadi prototype nikel yang kita lakukan hilirisasi ini yang akan kita pakai juga untuk di sektor-sektor yang lain, seperti timah, bauksit, kemudian oil and gas, dan tembaga,” tuturnya.

Bahlil menyampaikan, bahwa program hilirisasi kedepan tak hanya terfokus pada sektor komoditas minyak dan gas (migas) saja, sektor-sektor lainnya seperti perkebunan, pangan, dan perikanan juga tak luput dari perhatian pemerintah.

Lebih lanjut, Bahlil mengaku mendapat tugas lagi dari Presiden Jokowi untuk membuat skala prioritas dalam proses hilirisasi dan target-target yang harus dilakukan selanjutnya.

Menteri BKPM menjelaskan bahwa target yang dimaksud, yakni target hilirisasi produk komoditas setelah nikel.

“Katakanlah sekarang kita menyetop nikel, kemudian bauksit, ke depan apalagi? Seperti timah, atau tembaga, sebentar lagi. Jadi ini yang akan kita lakukan,” ujarnya.

Bahlil menegaskan, hilirisasi merupakan salah satu upaya yang penting untuk dilakukan, guna mempercepat pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam proses menjadi negara maju.

Menurutnya, setiap negara memiliki sumber daya alam (SDA)- nya masing-masing yang manfaatnya bisa lebih dirasakan rakyat setelah dilakukan hilirisasi. Dia pun meyakini, hilirisasi SDA tersebut mampu mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi negara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.