HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Bidang Keorganisasian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ishfah Abidal Aziz atau yang akrab disapa Gus Alex menyesalkan penggunaan mars 1 Abad NU oleh Partai Kebangkitan Bsngsa (PKB) tanpa izin terlebih dahulu.

Dia menegaskan, Mars 1 Abad NU yang merupakan buah karya dan hasil perenungan KH Mustofa Bisri (Gus Mus) sangat sakral, sehingga penggunaannya hanya untuk kepentingan NU, bukan untuk kepentingan politik.

“Bagi kami, mars ini sangat sakral jadi jangan digunakan untuk kepentingan politik PKB,” kata Gus Alex dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (30/1).

Sekadar informasi, sebelumnya beredar video ‘Sarasehan Satu Abad NU’ yang digelar PKB dengan menggunakan Backsound Mars 1 Abad NU. Video tersebut diunggah di akun resmi PKB.

Menurut Alex, penggunaan Mars 1 Abad NU untuk kepentingan politik praktis sangat tidak etis.

Dia pun memperingatkan partai pimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu untuk tidak menjadi penumpang gelap.

“PKB jangan menjadi ‘penumpang gelap’ peringatan 1 Abad NU. Tidak boleh ada satu partai pun yang boleh memanfaatkan NU,” ujar Alex.

“Siapapun boleh memperingati 1 Abad NU, tetapi jangan sampai menggunakan atribut milik NU tanpa seizin dan sepengetahuan PBNU. Terlebih, apabila penggunaan atribut 1 Abad NU digunakan untuk kepentingan politik praktis,” tegas Alex.

Alex juga mengingatkan kembali pesan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf yang dengan tegas menyampaikan bahwa PBNU menjaga jarak dengan seluruh kekuatan partai politik.

“Tidak boleh ada satupun partai yang menggunakan NU untuk kepentingan politik praktis,” pungkasnya.