HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan dimulainya keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Sebagai ketua ASEAN, Indonesia mengusung tema ‘ASEAN Matters : Epicentrum of Growth’.

Lantas, apa makna di balik tema tersebut?

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, tema tersebut memiliki dua elemen besar. Untuk elemen pertama, yakni ASEAN Matters memiliki makna bahwa Indonesia dengan keketuaannya tetap menjadikan ASEAN relevan dan penting.

“Tidak hanya bagi rakyat Indonesia, tetapi juga rakyat ASEAN dan beyond,” ucap Retno sebagaimana dikutip Holopis.com dalam keterangannya saat menghadiri ‘Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023′, Minggu (29/1).

Melalui tema tersebut, Indonesia berharap agar organisasi yang terbentuk pada tahun 1967 itu tetap memainkan peran sentral, terutama menjadi penggerak bagi stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

“Kita ingin ASEAN memegang peranan yang sangat penting dengan menjadi lokomotif untuk menggerakkan agar Indo-Pasifik itu tetap menjadi kawasan yang damai dan stabil,” beber Retno.

Kemudian untuk elemen kedua, yakni Epicentrum of Growth, Indonesia ingin ASEAN menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi dunia. Diharapkan dengan adanya semangat ini, pertumbuhan ekonomi ASEAN bisa selalu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan dunia.

“Jadi secara keseluruhan (tema keketuaan ASEAN Indonesia 2023) akan menyatu menjadi upaya untuk memperkuat Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi,” pungkas Retno.