HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi merespon mengenai rencana anak bungsunya, Kaesang Pangarep yang berencana terjun ke dunia politik jelang pemilihan umum 2024.

Mantan Wali Kota Solo itu berkilah bahwa itu merupakan dorongan darinya untuk terjun ke dunia politik menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai presiden.

“Sudah ngomong ke saya tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka saya tidak mempengaruhi,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (29/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun bersikeras bahwa dirinya tidak menuntut apapun agar seluruh anak maupun besannya untuk terjun ke dunia politik karena itu sudah menjadi tanggung jawab mereka sendiri.

“Saya tidak memutuskan karena saya sudah punya keluarga sendiri. Harus bertanggung jawab harus bisa memutuskan sendiri dan saya gak akan ikut-ikut,” dalihnya.

Diketahui sebelumnya bahwa Kaesang Pangarep sebagai putra dari Presiden Jokowi menyatakan minatnya untuk terjun ke dunia politik. Hal tersebut bersamaan dengan sikap putra Jokowi lainnya yakni Gibran Rakabuming yang menyatakan kesiapannya untuk maju di Pilgub DKI maupun Pilgub Jawa Tengah.