HOLOPIS.COM, JAKARTA – Manajer Persipura, Yan Mandenas menyarankan pemainnya untuk lebih baik bermain di luar negeri ketimbang di Indonesia.

Diketahui, beberapa pemain Persipura harus hengkang dari klub akibat dari liburnya kompetisi Liga 2 musim 2022/2023, seperti Brian Fatari, Ramai Rumakiek, hingga Gunansar Mandowen yang ke Liga 1.

Dalam hal ini Mandanes pun sejatinya mengaku bangga dengan banyaknya klub Liga 1 yang ingin memakai jasa pemain Persipura.

Namun, Mandanes menyarankan bahwa punggawa Persipura lebih baik bermain di luar negeri ketimbang memperkuat klub-klub Liga 1.

Menurutnya, klub-klub luar seperti di Liga Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapura, persaingannya lebih kompetitif dan iklim sepak bolanya tidak banyak masalah seperti yang terjadi di Indonesia.

“Ini pendapat pribadi saya, lebih baik mereka bermain di Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Singapura. Disana kompetisinya lebih baik dari Indonesia. Disini kita banyak masalah karena kepentingan segelintir orang yang membuat sepak bola kita tidak maju,” ucap Mandanes, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Jumat (27/1).

Lanjutnya, Mandanes menilai bahwa pemain Persipura tak perlu diragukan lagi kemampuannya, mereka dipastikan punya kualitas bermain dengan cara yang berbeda didukung dengan talenta.

“Kualitas pemain sekelas Brian Fatari, Ramai Rumakiek dan Gunansar tidak perlu diragukan lagi. Saya yakin mereka pasti sukses di luar negeri,” katanya.

Selain itu, perihal Liga 2 itu sendiri, Mandanes menuturkan bahwa diliburkannya Liga 2 saat ini merupakan bukti buruknya manajemen operator liga dan PSSI mengolek kompetisi di Indonesia.

Padahal ada 15 klub Liga 2 yang sudah berjuang dan siap melanjutkan kompetisi, namun karena kepentingan sejumlah orang, maka menyebabkan Liga 2 harus terhenti.

“Perjuangan pemilik klub, official dan pelatih untuk Liga 2 berlanjut namun tetap saja ada usaha untuk digagalkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya ada pemain asal Papua yang merumput di luar negeri, yakni Yanto Basna.

Yanto Basna pernah memperkuat beberapa klub Thailand seperti klub Tahilans Khon Kean FC, Sukhotai FC dan PT Prachup FC pada tahun 2018. Kemudian ada Elie Aiboy yang pernah merumput bersama klub Malaysia, yaitu Selanggor FA.