HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui DInas Bina Marga DKI Jakarta akhirnya resmi membuka Skywalk Kebayoran untuk masyarakat umum mulai hari ini, Jumat (27/1).

Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan bahwa pembangunan jembatan yang diklaim terpanjang di Ibu Kota itu menelan biaya hingga Rp52 miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Rp52 miliar menggunakan APBD,” kata Hari saat peresmian yang dikutip Holopis.com, Jumat (27/1).

karena biaya yang tak sedikit itu, Hari berharap agar kehadiran Skywalk ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang akan berpindah moda transportasi dari kereta api ke Transjakarta, maupun sebeliknya.

Selain itu, dia juga berharap masyarakat bisa ikut serta merawat fasilitas publik itu dengan sebaik mungkin.

“Tentunya ini menjadi tugas kami untuk bisa membangun dan merawat dan juga saya harapkan tentunya masyarakat bisa ikut sama-sama memelihara Skywalk Kebayoran,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Skywalk Kebayoran merupakan fasilitas umum yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan APBD DKI Jakarta.

Pembangunan Skywalk ini sendiri bertujuan sebagai sarana integrasi antara halte TransJakarta Koridor 13 dengan halte TransJakarta Kebayoran Lama Koridor 8, serta Stasiun Kebayoran.

Skywalk Kebayoran Lama dengan panjang mencapai 450 meter dan lebar 3,6 meter ini diklaim dapat memudahkan masyarakat untuk berpindah moda transportasi publik, dari transportasi kereta ke Transjakarta maupun sebaliknya.

Skywalk Kebayoran Lama juga dilengkapi tiga (3) unit lift dan dua (2) unit eskalator agar memudahkan masyarakat termasuk lansia, ibu hamil dan teman-teman disabilitas menggunakan fasilitas tersebut.

Di tiap sisi dari Skywalk Kebayoran juga dipasang lampu artistik untuk memperindah pada saat malam hari. Serta tersebar belasan kamera CCTV yang dapat memantau selama 24 jam, agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat menyeberang di skywalk.