HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi sepak bola Eropa (UEFA) resmi akan menerapkan format baru untuk perhelatan UEFA Nations League serta Kualifikasi Piala Eropa yang akan berlaku pada September 2024. Hal tersebut telah disetujui bersama melalui Komite Eksekutif UEFA di House of European Football di Nyon, Swiss, Rabu (25/1) waktu setempat.

Lantas, bagaimana format terbarunya, simak ulasan berikut ini, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi UEFA, Kamis (26/1).

UEFA Nations League

UEFA Nations League akan diperluas dengan babak knock-out baru yang akan dimainkan bulan Maret nanti, sehingga akan menciptakan kesinambungan antara fase grup yang berakhir bulan November dan final yang dimainkan pada Juni.

Pemenang dari runner-up grup Liga A akan berpartisipasi dalam perempat final kandang dan tandang, dengan pemenang dari pertandingan tersebut akan lolos langsung ke empat besar.

Kemudian peringkat ke-3 dari Liga A dan runner-up Liga B, peringkat ke-3 Liga B dan runner-up Liga C akan memainkan play-off promosi/degradasi dengan format kandang-tandang.

Penambahan format baru ini akan menyangkut sejumlah tim terpilih dan tim yang tersisa akan tersedia untuk memulai Kualifikasi Eropa.

Kualifikasi Eropa

Format baru Kualifikasi Eropa untuk Piala Eropa atau Piala Dunia FIFA akan lebih terkonsolidasi dengan tim-tim yang diundi dalam 12 grup yang terdiri dari empat dan lima tim.