Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Pabean Internasional 2023, 26 Januari : Begini Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pabean Internasional 2023 (World Customs Day) diperingati pada tanggal 26 Januari di setiap tahunnya.

Hari Pabean Internasional itu sendiri diprakarsai oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (WCO) pada tahun 1983.

Dalam peringatannya, Hari Pabean Internasional merupakan perayaan semua pejabat dan lembaga bea cukai yang bekerja keras setiap hari untuk memastikan manajemen perdagangan dunia yang efektif.

Hari Pabean Internasional juga diperingati dengan tema yang berbeda di setiap tahunnya. Pada tahun ini, tema yang diambil yaitu ‘Memelihara Generasi Berikutnya’ atau ‘Nurturing the Next Generation’.

Haria Pabean Internasional yang bertemakan ‘Memelihara Generasi Berikutnya’ tersebut merupakan suatu gagasan untuk mempromosikan budaya berbagi pengetahuan dan kebanggaan profesional di Bea Cukai.

Lantas, seperti apa sejarahnya? Berikut ini ulasannya.

Sejarah Hari Pabean Internasional (World Customs Day)

Dikutip Holopis.com dari National Today, Kamis (26/1), sebelumnya dapat diketahui terlebih dahulu bahwa setiap negara memiliki otoritas pabean yang bertanggung jawab untuk memungut tarif dan mengawasi impor dan ekspor barang.

Setiap negara memiliki undang-undangnya sendiri tentang barang apa yang dapat dibawa ke negara tersebut dan apa yang dapat dikirim.

Semua hal tersebut berada di bawah yuridiksi otoritas pabean. Organisasi Kepabeanan Dunia (WCO) adalah organisasi antara pemerintah yang mengawasi berbagai administrasi kepabeanan yang terkait dengan perdagangan internasional.

Kemudian, pada tahun 1948, Komite Kerjasama Ekonomi Eropa membentuk kelompok studi yang disebut Kelompok Studi Serikat Pabean Eropa (ECUSG) untuk meneliti kemungkinan menciptakan satu atau lebih serikat pabean antar Eropa.

Hal tersebut lantas menyebabkan terbentuknya Cusmos Cooperation Council (CCC) pada tahun 1952, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi administrasi kepabeanan di seluruh dunia.

Pada tanggal 26 Januari 1953, sidang pengukuhan CCC berlangsung, dan 17 anggota pendiri ikut serta dalam sidang tersebut.

Organisasi itu kemudian menciptakan Hari Pabean Internasional pada tahun 1983. Setelah beberapa dekade pertumbuhan dan ekspansi di luar Eropa, CCC menjadi organisasi global dan berganti nama menjadi WCO pada tahun 1994. Kantor pusat WCO sendiri berada di Brussel, Belgia.

WCO telah membantu menetapkan standar administrasi kepabeanan yang efisien di seluruh dunia. Mereka telah membantu mengembangkan dan menerapkan berbagai sistem dan prduksi kepabeanan yang menjamin keamanan.

Mereka juga telah mengembangkan dan kemudian mengelola Harmonized Commodity Description and Coding System, yang merupakan sistem klasifikasi berstandar internasional untuk berbagai komoditas.

Organisasi ini juga membantu mengelola kebijakan Organisasi Perdagangan Dunia sambil memastikan perdagangan internasional yang aman dan terjamin di seluruh masyarakat global dan turut serta membantu melegitimasi perdagangan internasional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru