HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah resmi membuka pendaftaran beasiswa tahap I tahun 2023 selama sebulan kedepan, dimulai pada hari ini Rabu (25/1) sampai Sabtu (25/2) mendatang.

Namun sebelum mendaftar, ada baiknya Sobat Holopis untuk mengetahui bahwa beasiswa LPDP merupakan beasiswa penuh yang akan membiayai seluruh biaya kuliah pascasarjana, baik jenjang S2 maupun S3 di universitas yang tersebar di berbagai negara.

Tak hanya biaya kuliah, beasiswa yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini juga memberikan biaya lainnya, seperti biaya tempat tinggal yang diharapkan dapat membantu kelancaran para penerima beasiswa dalam menempuh pendidikan di luar negeri.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, maka tak jarang beasiswa ini menjadi incaran para mahasiswa, khususnya para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Lantas, bagaimana syarat dan cara daftar LPDP 2023?
Perlu diketahui, beasiswa LPDP 2023 ini memiliki tiga program pendaftaran atau jalur pendaftaran beasiswa yang dapat Anda pilih. Diantaranya yaitu program umum, program targeted (khusus untuk profesi tertentu), dan program afirmasi.

Setiap program-program tersebut, memiliki syarat pendaftaran khususnya masing-masing. Adapun untuk syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar yakni sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Sudah lulus program D4/S1 atau S2 dari perguruan tinggi terakreditasi.
  3. Tidak sedang menempuh studi degree/non-degree baik S2 maupun S3.
  4. Tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain.
  5. Program studi dan perguruan tinggi tujuan Anda sesuai dengan ketentuan LPDP 2023.
  6. Bagi lulusan luar negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK.
  7. Melengkapi profil pendaftaran.
  8. Menandatangani surat pernyataan pada portal pendaftaran.
  9. Menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikan studi.
  10. Pendaftar program S3 wajib menyertakan proposal penelitian.
    Menyertakan tautan atau riwayat publikasi ilmiah (jika ada).

Bagi Sobat Holopis yang merasa sudah memenuhi syarat-syarat yang ada dan berminat untuk mendaftar beasiswa LPDP 2023, Sobat Holopis bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Kunjungi link pendaftaran LPDP 2023 yaitu https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
    Kemudian, klik opsi ‘Masuk’ pada bagian ‘Beasiswa LPDP’.
  • Lalu, pilih opsi ‘Buat akun di sini’ untuk membuat akun beasiswa LPDP 2023.
  • Registrasi akun dilakukan dengan mengisi beberapa data diri, seperti nama lengkap, NIK, alamat email, mengunggah pas foto (4×6), dan lain-lainnya.
  • Setelah mengisi data diri, klik opsi ‘Buat akun’, kemudian tautan verifikasi akun akan dikirim via email yang telah terdaftar.
  • Lalu klik tautan tersebut untuk memverifikasi akun. Apabila akun berhasil terverifikasi, silahkan login kembali lewat portal https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
  • Setelah berhasil login, lengkapi data diri dengan mengisi riwayat pendidikan dan latar belakang keluarga peserta.
  • Jika data sudah terisi semua, klik menu ‘Beasiswa’ dan pilih opsi ‘Daftar Beasiswa’.
  • Selanjutnya, pilih program beasiswa LPDP 2023 yang akan diikuti dan lanjut klik opsi ‘Daftar’.
  • Kemudian, isi formulir pendaftaran sesuai dengan data yang diminta.
  • Setelah itu lanjut mengunggah semua dokumen yang jadi syarat pendaftaran.
  • Jika formulir pendaftaran dan dokumen telah dilengkapi dengan benar, peserta akan melihat ringkasannya, dan silahkan cek kembali.
  • Sebelum ringkasan formulir pendaftaran dikirim, peserta harus menandatangani serta menyetujui Surat Pernyataan Beasiswa Pendidikan indonesia.
  • Terakhir, klik ‘Submit’ untuk mengirim formulir pendaftaran.
  • Setelah selesai melakukan pendaftaran LPDP 2023, nantinya Anda akan diberitahu mengenai tahap seleksi selanjutnya jika berhasil lolos tahap seleksi administrasi. Adapun pengumumannya akan diinformasikan lewat portal sebelumnya.