HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menagih janji pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait santunan kepada keluarga korban gagal ginjal akut.

Padahal, DPR sendiri telah sepakat dengan pemerintah terkait hal tersebut. Namun hingga kini, santunan tersebut tak kunjung dilaksanakan.

“Di DPR Komisi IX kita sudah membuat kesimpulan rapat yang menyatakan pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan harus memberikan santunan kepada keluarga korban,” kata Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (25/1).

Saleh lantas menilai pemerintah masih abai terhadap hasil dari rapat bersama komisi bidang kesehatan dan ketenagakerjaan itu.

“Sampai sekarang kesimpulan itu tidak dilaksanakan. Itu artinya ada pengabaian terhadap kesimpulan rapat yang dibuat di Komisi IX,” lanjut Saleh.

Saleh mengatakan, pihaknya Komisi IX bakal kembali mengingatkan Kemenkes selaku pihak dari pemerintah tentang persoalan santunan para korban yang seluruhnya masih berusia anak-anak.

“Tentu nanti kami akan ingatkan lagi kepada kementerian kesehatan, supaya kesimpulan rapat itu dilaksanakan,” tuturnya.

Sembari menunggu santunan dari pemerintah, politisi dari fraksi PAN itu mengaku, bahwa dirinya dan anggota Komisi IX lainnya telah mengumpulkan dana yang nantinya akan disumbangkan kepada keluarga korban gagal ginjal akut.

“Teman-teman semua sudah mengumpulkan uang mulai dari kami secukupnya yang kami punya hari ini sudah kami serahkan langsung kepada pihak yang datang kepada kami dan mudah mudahan bisa dibagikan kepada mereka yang membutuhkan,” tutup Saleh.