HOLOPIS.COM, JAKARTA – Shayne Pattynama secara resmi telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), usai diambil sumpahnya di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta pada Selasa (24/1).

Dalam hal ini, Ibnu Chuldun selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mengatakan, bahwa dengan ini Shayne Pattynama resmi sebagai WNI sebagaimana tercantum dalam surat keputusan.

Dalam kesempatan yang sama, usai diambil sumpahnya, Shayne menyampaikan bahwa dirinya teramat bangga bisa menjadi WNI.

“Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya,” ucapnya, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Selasa (24/1).

Lanjutnya, Shayne pun berambisi untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia, serta ingin membawa skuad Garuda jadi salah satu tim terbaik di Asia.

Dengan demikian, setelah ini, PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne di FIFA dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke Indonesia, dalam hal ini PSSI.

Pemain berusia 24 tahun itu pun akan memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023 jika tahapan tersebut berjalan lancar.

Sebagai informasi, proses naturalisasi Shayne Pattynama sendiri merupakan rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Shayne memulai proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022, kemudian permohonan naturalisasinya disetujui DPR pada November 2022.

Kemudian Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menyampaikan pada awal Januari 2023, bahwa Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.