Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizMasyarakat Lokal Diminta Melek Peluang Bisnis di IKN Nusantara

Masyarakat Lokal Diminta Melek Peluang Bisnis di IKN Nusantara

HOLOPIS.COM, KUTAI KARTANEGARA – Koordinator bidang Kebudayaan Dewan Adat Kutai Kabupaten Kutai Kartanegara, Muhammad Junaidi memandang bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memiliki dampak yang positif bagi kelangsungan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

Salah satu efeknya adalah kemajuan sektor pariwisata di wilayah pulau Borneo itu.

“Kami melihat bahwa masyarakat wilayah sekitar IKN, kondisi ekonomi masyarakatnya pasti akan ikut terkontraksi untuk berkembang maju, termasuk wisata budaya dari kearifan lokal karena terdampak positif dalam bidang pertumbuhan ekonomi sebagai akibat pembangunan IKN yang sedang berlangsung saat ini,” kata Junaidi di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur seperti dikutip Holopis.com, Selasa (24/1).

Oleh sebab itu, ia pun memandang bahwa keberadaan IKN Nusantara harus disikapi dengan positif. Yakni menjadikannya sebagai peluang untuk membuat ekonomi lokal bisa semakin maju dan bersaing.

“Kiranya yang perlu dilakukan oleh masyarakat Kukar adalah bagaimana menumbuhkan potensi ekonomi yang ada di masyarakat saat ini, seperti pengelolaan hasil tambang, pertanian, perkebunan, perikanan, kerajinan, kebudayaan menjadi lebih bernilai dan berdaya guna, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Secara pribadi, ia mewakili teman-teman pemuda di Kukar merasa sangat optimis melihat pembangunan IKN yang sedang berlangsung saat ini. Sehingga ia pun mendorong agar masyarakat lokal bisa ikut andil dalam pembangunan IKN Nusantara. Jangan sampai masyarakat lokal malah sekedar menjadi penonton.

“Ini adalah sesuatu yang perlu kita ikut andil di dalamnya dan berperan serta dalam pembangunannya,” tandasnya.

Lebih lanjut, penggerak Pemuda Katang Taruna Kutai Kartanegara itu melihat bahwa potensi masuknya banyak investor baik lokal maupun mancanegara sangat tinggi. Lagi-lagi, Junaidi memandangnya sebagai peluang besar.

“Adanya IKN di Kaltim, para investor luar sudah mulai berdatangan mencari peluang bisnis untuk dikembangkan, oleh sebab itu, masyarakat lokal harus cepat tanggap dan bisa bermitra secara baik, serta memiliki daya tawar yang saling menguntungkan dengan investor luar,” ucapnya.

Apalagi menurutnya, para investor itu sudah mempelajari dan melihat peluang besarnya ekonomi di Kalimantan Timur, baik di Kabupaten Kutai Kartanegara maupun Kabupaten Penajam Paser Utara. Dengan kondisi ini, jangan sampai masyarakat lokal malah terlihat tidak memperhatikan atau buta terhadap sesuatu yang memang menjadi potensi ekonomi besar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.