HOLOPIS.COM, JAKARTA – Untuk acara koronasinya, yaitu upacara peresmian Charles sebagai Raja Inggris, warga Britania Raya akan diundang ke konser publik yang diadakan di Kastil Windsor.

Acara konser ini nantinya juga akan ditayangkan secara langsung oleh BBC.

“Para Yang Mulia (Raja Charles III dan Ratu Camila) berharap pekan koronasi ini akan memberikan kesempatan warga untuk merayakan dengan teman-teman dan keluarga di sepanjang Britania Raya,” demikian pengumuman dari Istana Buckingham, dikutip Holopis.com, Minggu (22/1).

Ini akan menjadi acara terbesar Inggris sepanjang 2023 setelah era Ratu Elizabeth II rampung memimpin negara tersebut selama 70 tahun. Dan mendiang Elizabeth adalah sosok pemimpin Kerajaan Inggris terlama sepanjang sejarah.

Sesuai dengan tradisi yang sudah sangat lama berjalan, nantinya Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan menyapa masyarakat dan melambaikan tangan di balkon Istana Buckingham.

Belum diketahui secara pasti apakah Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menghadiri acara ini. Mengingat, Pangeran Harry baru saja merilis buku memoar Spare, yang kontroversial dan menjelekkan nama keluarga kerajaan Inggris.