HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka dengan pertunjukan Barongsai saat Tahun Baru Imlek. Beberapa orang dengan tarian menarik dan kostum singa ini selalu seru dan tak pernah membosankan untuk ditonton.

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Kemendikbud, Minggu (22/1), Barongsai adalah tarian tradisional Tiongkok sebagai pertunjukan wajib saat Imlek.

Bagaimana sih sejarah Barongsai akhirnya menjadi pertunjukan dalam merayakan Imlek?

Sejarah Singkat Barongsai

Catatan pertama tentang tarian Barongsai muncul pada masa Dinasti Chin di abad ke-3 sebelum Masehi. Kemudian tarian ini masuk ke Indonesia pada abad 17.

Pertunjukan Barongsai
Pertunjukan Barongsai [Foto: Pixabay]
Barongsai berhubungan dengan legenda Nian, binatang uang ditakuti masyarakat saat malam Tahun Baru Imlek. Hewan ini dipercaya menghancurkan ladang, tanaman, serta hewan milik petani di desa Tiongkok.

Karena tidak bisa dikenali jenis hewannya, maka warga menamai hewan tersebut Nian, yang berarti tahun dalam bahasa China.

Demi membuat hewan tersebut tak lagi merusak ladang dll, warga setempat pun membuat hewan bermodel demikian dengan bambu dan kertas beserta diiringi instrumen yang keras.

Wah unik ya sejarahnya. Sobat Holopis sudah nonton Barongsai belum hari ini?