HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mesin pencari terbesar di dunia, Google hari ini ikut merayakan Hari Raya Imlek 2023. Hal ini terlihat dengan munculnya karikatur sebagai simbol imlek tahun ini. Namun jika dicermati, ternyata karikator atau doodle di Google Seach kali ini bukan Imlek Year of The Rabbit, tapi Imlek Year of the Cat di tahun 2574 Kongzili.

Ketika Sobat Holopis membuka halaman depan Google Search dari Vietnam, maka tampilan karikatur kucing itu akan muncul menggantikan posisi logo Google. Namun ketika halaman Google Search dibuka di negara lain seperti di Indonesia, maka yang muncul adalah karikatur sejenis hanya bentuknya adalah kelinci. Ini adalah bagian dari program Google Doodle.

Alasan mengapa karikatur Imlek di Google Vietnam tahun ini bukan kelinci, karena negara sahabat Indonesia itu merayakan Imlek Kucing tahun ini atau Lunar New Year 2023. Sementara sang kreator adalah Celine You, seorang kreator doodle asal Vietnam.

Di dalam penjelasannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (22/1), Doodle hari ini memang khusus untuk merayakan festival penting di Vietnam. Hari Raya Imlek tersebut dikenal sebagai Tet dalam bahasa Vietnam, liburan ini dirayakan oleh masyarakat setiap tahun selama festival Tet , orang akan sering bepergian ke rumah keluarga besar mereka dan merayakan tahun baru dengan pesta-pesta.

Festival Tet secara tradisional dirayakan selama tiga hari untuk menghabiskan waktu berhubungan dengan teman dan kolega serta mengunjungi kuil dan tempat pemakaman leluhur. Selama pesta keluarga, orang biasanya makan sayuran, banh chung (kue beras ketan), dan cu kieu (acar daun bawang).

Warna merah dan kuning dikaitkan dengan keberuntungan, dan orang Vietnam memberikan uang dalam amplop merah kepada anak-anak dan orang-orang tua. Kemudian mereka akan menghias bagian luar rumah dengan bunga yang merupakan tradisi. Dan yang paling umum adalah hoa dao (bunga sakura) di utara dan hoa mai (bunga kuning Mai) di selatan.

Tahun ini menandai Tahun Kucing, yang dikaitkan dengan kemakmuran, kepintaran, dan keterampilan. Karya seni Doodle dibuat dari kertas untuk menghormati seni melipat & memotong kertas yang dipraktikkan secara tradisional selama Tahun Baru Imlek.