HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengintruksikan kepada seluruh pengurus NU, mulai dari tingkat pusat hingga ranting untuk menggelar istigasah serentak, dalam rangka menyambut 1 Abad NU yang jatuh pada 7 Januari 2023 mendatang.

Instruksi ini tak hanya ditujukan kepada pengurus NU saja, tetapi juga kepada seluruh pesantren, lembaga pendidikan, masjid, hingga mushalla yang berada di bawah naungan organiasi Islam terbesar di Indonesia itu.

“PBNU hari ini menginstruksikan kepada seluruh kantor NU dari pusat hingga ranting, pesantren dan banom dan lembaga melakukan Istigasah,” kata Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (21/1).

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu menjelaskan, bahwa kegiatan Istigasah ini bertujuan agar Allah SWT bisa terus menaungi Nahdlatul Ulama yang kini tengah memasuki detik-detik usia yang ke-1 Abad.

“Istigasah ini dimaksudkan untuk keselamatan NU, Indonesia dan dunia, secara umum untuk keselamatan umat manusia seluruhnya,” katanya.

Adapun Istigasah yang akan diselenggarakan serentak yang menandakan 1 Abad berdirinya akan dimulai pada tanggal 31 Januari 2023 atau tanggal 9 Rajab 1444 Hijriah. Dimana dalam penanggalan Masehi, NU berdiri pada tanggal 31 Januari 1926.

Adapun Istigasah akan digelar sampai dengan tanggal 7 Januari 2023 malam atau bertepatan dengan kelahiran NU di kalender hijriah yakni 16 Rajab 1444 hijriah.

Sementara untuk puncak peringatan 1 abad NU sendiri akan digelar di GOR Sidoarjo, Jawa TImur, selama 24 jam nonstop, yakni mulai pukul 00.00 hingga pukul 24.00 hari Selasa 7 Februari 2023.