HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komnas HAM berpihak kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai kondisi kesehatan Lukas Enembe.

Hal tersebut menyikapi laporan yang telah disampaikan kuasa hukum Lukas Enembe dengan tuduhan pemaksaan pemeriksaan di saat kondisinya yang sedang sakit.

Komisioner Komnas HAM, Hari Kurniawan mengatakan, penilaian tersebut berdasarkan laporan yang disampaikan KPK kepada mereka.

“Menurut informasi yang kami terima, proses pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan kondisi kesehatan Bapak Lukas Enembe,” kata Hari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (21/1).

Hari bahkan dengan berani mengatakan apa yang telah dilakukan KPK terhadap kader Partai Demokrat tersebut sudah maksimal dan manusiawi.

“KPK memberikan layanan terbaik untuk kesehatan Pak Lukas Enembe dan akan memeriksa Pak Lukas Enembe apabila menurut dokter dia dalam keadaan sehat,” tukasnya.

Hari pun kemudian berdalih bahwa Komnas HAM belum menentukan sikap lebih lanjut atas pelaporan yang telah disampaikan kepada mereka. Bahkan, termasuk kemungkinan Komnas HAM untuk melihat langsung kondisi Lukas Enembe.

“Belum diputuskan juga untuk langsung melihat kondisi Pak LE,” pungkasnya.