Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizBulog Pamer Stok Beras Terkini, Cukup Sampai Lebaran?

Bulog Pamer Stok Beras Terkini, Cukup Sampai Lebaran?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyampaikan perkembangan terkini mengenai cadangan beras pemerintah (CBP). Dia menegaskan bahwa stok beras yang disimpan oleh pihaknya masih cukup hingga Lebaran tahun 2023 mendatang.

Pria yang akrab disapa Buwas itu mencatat stok yang ada di Bulog saat ini mencapai 680.000 ton. Dia menuturkan, bahwa stok beras tersebut nantinya akan disalurkan untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), atau yang dikenal dengan operasi pasar.

“Stok sekarang lebih dari 600 (ribu ton), untuk puasa-lebaran sangat cukup,” kata Buwas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (20/1).

Lebih lanjut, Buwas mengatakan bahwa stok beras tersebut akan dihabiskan pada Lebaran. Hal itu dilakukan karena pada Maret nanti, akan ada panen raya yang mulai berlangsung di seluruh wilayah Indonesia, yang mana Bulog wajib untuk menyerap beras dari petani.

“Ada data BPS, Menteri Pertanian, Maret-Juni sudah mulai awal panen layak. Saya sampaikan tadi target minimal 1 juta (ton) kita ambil dalam porsi banyak, kalau bisa 2 juta (ton) kenapa harus 1 juta (ton),” jelas Buwas.

Dia mengungkapkan Bulog saat ini telah menggelontorkan 100.000 ton beras melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau dikenal Operasi Pasar. Buwas mengatakan, beras tersebut telah didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia pada awal Januari 2023.

“Bulog saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemeirntah daerah guna menjaga harga beras di tingkat konsumen tetap berada pada kondisi stabil atau tidak mengalami lonjakan yang tinggi,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.