Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizSimak Program Bansos yang Dihapus Tahun Ini

Simak Program Bansos yang Dihapus Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memastikan sejumlah program bantuan sosial (bansos) tidak akan berlanjut lagi di tahun 2023 ini.

Sejumlah bansos tersebut, diantaranya yakni Bantuan Langsung Tunai Minyak Goreng (BLT Minyak Goreng), Bantuan Subsidi Upah (BSU), hingga Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

“Beberapa anggaran 2022 tidak diteruskan, seperti tahun lalu ada bantuan minyak goreng, bantuan subsidi upah, bantuan pedagang kaki lima itu di redesain tergantung kementerian-kementerian dan lembaga,” terang Sri Mulyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (20/1).

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa penghapusan sejumlah program bansos yang diberikan pada saat Pandemi Covid-19 itu dilakukan karena situasi yang tak lagi relevan dengan situasi sekarang ini, dimana Pandemi Covid-19 sudah mulai mereda dan harga minyak goreng di pasaran pun sudah turun.

“Tahun 2022 kemarin situasinya memang masih pandemi yang banyak dan ada guncangan-guncangan seperti harga minyak goreng naik. Jadi, ada beberapa anggaran 2022 yang tidak diteruskan,” ucapnya.

Meski begitu, Sri Mulyani memastikan pagu anggaran untuk sektor perlindungan sosial (perlinsos) di tah 2023 akan tetap senilai Rp476 triliun. Menurutnya, angka ini relatif tidak berbeda jauh dibandingkan APBN 2022 untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19 maupun gejolak ekonomi global.

“Jumlah (anggaran perlindungan sosial/perlinsos) Rp476 triliun relatif sama dengan tahun 2022,” tutur Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Sri Mulyani Ingatkan Digitalisasi Keuangan Daerah Bisa Timbulkan Malapetaka

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa pemerintah pusat sedang mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan modernisasi dan digitalisasi sistem keuangan daerah, khususnya terkait administrasi perpajakan.

APBN Agustus 2024 Defisit Lagi, Sri Mulyani Klaim Masih On Track

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per akhir Agustus 2024 kembali mencatatkan defisit sebesar Rp 153,7 triliun.

Sri Mulyani Akui Pemerintah Bisa Bikin RI Terancam Middle Income Trap

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyoroti ancaman middle income trap atau jebakan kelas menengah yang tengah dihadapi Indonesia.