HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga nilai korupsi yang diterima oleh Gubernur Papua Lukas Enembe bukan berada di angka miliaran lagi.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, diperkirakan jumlah uang yang dikorupsi oleh kader Partai Demokrat itu bisa mencapai angka Rp 1 triliun.

“Korupsi LE ini menyangkut jumlah uang yang tidak sedikit, ratusan, mungkin bisa jadi sampai satu triliun,” kata Alex dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (17/1).

Alex mengungkapkan, KPK tengah menelisik aliran uang lewat Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua hingga vendor-vendor yang mendapat proyek di Papua untuk mencari jalur korupsi Lukas Enembe.

“Jadi tidak berhenti di kasus suap dan gratifikasi,” imbuhnya.

Alex kemudian juga menegaskan, pihaknya sampai saat ini masih menelusuri aliran dana Lukas Enembe ke kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Ini tentu akan didalami dalam proses penyidikan berdasarkan alat bukti, keterangan saksi yang lain. Apakah ada keterkaitan yang bersangkutan dengan kelompok yang selama ini berseberangan dengan pemerintah dan seterusnya,” ungkapnya.