HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid mendukung upaya penelusuran dugaan aliran dana dari Gubernur Papua yang kini menjadi tersangka korupsi, Lukas Enembe ke Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu mengaskan, tindakan yang bertujuan untuk merong-rong negara memang sudah seharusnya diproses hukum.

“Nah kalau kemudian ada ujungnya misalkan memberikan dukungan terhadap tindakan makar kepada negara, itu kan tindak pidana lain ya diproses, kalau memang ada aliran uang untuk merong-rong negara, ya diproses,” kata Jazil dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (14/1).

Dia lantas meminta aparat penegak hukum segera mengambil langkah untuk membuktikan rumor yang beredar terkait dugaan aliran dana dari Lukas kepada organisasi terlarang itu.

“Harus dibuktikan itu, dibuktikan bukan dirumorkan ya, tapi dibuktikan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Gus Jazil menegaskan, bahwa pihaknya di Komisi III DPR mendukung langkah KPK yang berencana menelusuri aliran dana Lukas Enembe ke kelompok OPM.

Dia meyakini, lembaga antirasuah itu akan bekerja secara obyektif, sehingga tidak ada kesan politisasi pada kasus hukum yang menjerat Ketua DPD Partai Demokrat itu.

“Tentu kami akan dukung, sepanjang memang prosedur dan hukum prosesnya sesuai dengan prosedur hukum yang objektif,” kata Jazil.

“Jadi, jangan sampai ada kesan misalkan politisasi atau apa, jangan sampai dan saya yakin KPK akan bekerja secara profesional,” tambahnya.

Menurut Gus Jazil, tidak menjadi masalah jika KPK mengembangkan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang menjerat Lukas Enembe. Termasuk, kata dia, mengusut dugaan tindak pidana pencurian uang atau TPPU.

“Kalau soal nanti ada dugaan pidana yang lain, ya itu sepenuhnya urusan hukum ya, KPK, apakah nanti misalkan ada tindak pidana pencucian uang misalkan, atau yang lain, itu urusan KPK,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, rumor mengenai dugaan aliran dana hasil korupsi Lukas Enembe ke OPM mencuat ke publik, setelah tokoh OPM Benny Wenda habis-habisan mendukung Lukas Enembe, pasca ditangkap oleh KPK di Papua beberapa waktu lalu.

KPK pun telah menyatakan bakal menelusuri kemungkinan adanya aliran dana Gubernur Papua ke sejumlah pihak, termasuk OPM.

“Terkait aliran uang jadi kami mengumpulkan alat bukti, pasti follow the money. Jadi uang itu alirannya pasti kemudian kami telusuri,” kata Kepala bagian pemberitaan KPK, Ali Fikri.