HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin berpesan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk ulama untuk menjaga keutuhan bangsa dari potensi perpecahan yang kemungkinan terjadi menjelang Pemilu 2024.

“Ulama dimanapun adanya, di partai manapun adanya, jangan menjadi kompor yang kemudian justru membelah bangsa ini menjadi bangsa yang bermusuhan,” tegas Ma’ruf sebagaimana dikutip Holopis.com dari keterangan pers, Sabtu (14/1).

Wapres menyampaikan, menjaga keutuhan bangsa merupakan penting untuk dijadikan komitmen oleh seluruh ulama di Indonesia. Sebab, kata dia, menjaga negara merupakan salah satu perintah yang diperintahkan oleh agama.

“Itu penting dan ini harus menjadi komitmen semua ulama,” urai Wapres.

Lebih lanjut, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyampaikan, potensi perpecahan tentu sangat besar menjelang kontestasi politik 2024.

Dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, maka pandangan politik setiap individu pun akan berbeda dan berpotensi konflik apabila tidak dihadapi dengan baik.

“Mencegah terjadinya konflik dan permusuhan ya, ini kan potensi konflik itu sangat besar di dalam waktu (Pemilu),” papar Ma’ruf.

Oleh Sebab itu, ia kembali mengingatkan seluruh ulama Indonesia tanpa terkecuali, untuk bersama menjaga keutuhan bangsa Indonesia dari perpecahan yang timbul akibat perbedaan pandangan politik.

“Karena itu para ulama ini supaya menjaga di semua lini,” pungkasnya.