HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagai ibu rumah tangga terkadang kita dituntut untuk mengetahui solusi dari setiap permasalahan yang terjadi di rumah, seperti cara mengusir serangga yang sering mengganggu, hingga cara untuk menghilangkan bekas noda permen karet yang disebabkan oleh kecerobohan anak-anak.

Berikut adalah beberapa tips simpel yang wajib diketahui oleh para ibu rumah tangga:

1. Masalah Semut

Semut terkadang sangat menyebalkan bila tiba-tiba datang bergerombol dan mengerubungi makanan ataupun remah-remah yang terjatuh di lantai. Ternyata serangga satu ini takut dengan mentimun dikarenakan kulit mentimun mengandung bahan kimia yang tidak bersahabat dengan jamur yang dikonsumsi semut.

Oleh karena itu, untuk mengusir semut, kita bisa meletakkan kulit mentimun di dekat tempat di mana mereka berada ataupun di lubang semut yang kita temukan setelah menelusuri jejak semut tersebut.

2. Untuk membuat kaca atau cermin kembali bersinar

Minuman bersoda selain bisa menghilangkan dahaga kita, ternyata bisa juga digunakan sebagai cairan yang membantu kita menghilangkan noda-noda di kaca ataupun cermin yang membuat kaca ataupun cermin kembali bersinar. Hal ini dikarenakan soda memiliki unsur kimia yang dinilai mampu menghilangkan jamur pada kaca.

Cara pengaplikasikannya kita tinggal menyemprotkan atau membasahi kain dengan minuman bersoda untuk kemudian menggosokkannya ke kaca ataupun cermin yang ingin kita bersihkan.

3. Menghilangkan permen karet yang menempel pada pakaian

Noda permen karet di pakaian kita memang sangat sulit untuk dihilangkan, Sobat Holopis. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan.

Kamu bisa menyimpan kain atau pakaian yang terkena permen karet tersebut di dalam freezer selama satu jam atau lebih. Karena setelah permen karet tersebut membeku, akan mudah untuk kita bersihkan dengan hanya mengoreknya menggunakan kuku kita.

4. Cara mengusir nyamuk secara alami

Nyamuk merupakan serangga yang cukup berbahaya, dikarenakan serangga ini mampu membawa virus dan bakteri penyakit yang ditularkan melalui gigitannya saat ia menghisap darah kita.

Untuk itu, kita harus tahu bagaimana cara mengusirnya selain menggunakan obat nyamuk. Ternyata dengan menggunakan jeruk
nipis dan cengkeh, nyamuk bisa langsung minggat dari rumah lho, Sobat Holopis.

Caranya potong jeruk nipis yang berukuran besar menjadi dua bagian, lalu tancapkan beberapa buah cengkeh di atasnya, taruh di tempat-tempat yang kamu inginkan.

5. Hilangkkan noda tinta di pakaian dengan pasta gigi

Pasta gigi mengandung sebuah zat bernama fluoride yang ternyata juga bisa membantu menghilangkan noda tinta pada baju.

Cara menggunakan nya cukup mudah, Anda cukup oleskan pasta gigi seukuran 1 ruas jari tepat pada noda tinta, kemudian gosok secara melingkar dengan lembut dan perlahan agar serat kain tidak rusak. Lakukan selama kurang lebih 10 menit sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Selesai! Baju Anda kini bersih seperti semula.

Nah, itu dia 5 tips sederhana yang dapat Sobat Holopis aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!