Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Mengeluh Anggaran Perjalanan ASN, Rizal Ramli : Jokowi Sebagai Presiden...

Sri Mulyani Mengeluh Anggaran Perjalanan ASN, Rizal Ramli : Jokowi Sebagai Presiden Paling Boros

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai Presiden Republik Indonesia yang paling boros mengeluarkan anggaran perjalanan sepanjang sejarah. Bahkan, hasil kunjungannya ke daerah lebih banyak tak memberikan faedah bagi masyarakat.

Tokoh nasional, Dr. Rizal Ramli, mengungkapkan, salah satu contoh tujuan Jokowi ke daerah, yakni, menemui relawan yang jumlahnya sekitar 50 orangan. Sementara, Jokowi bersama rombongannya berjumlah 200 orangan.

“Ini yang menghabiskan anggaran,” tegas Menko Ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini dalam acara diskusi yang diselenggarakan Front Kedaulatan Negara beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Rizal Ramli mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan lembaga audit lainnya untuk melakukan audit terhadap pengeluaran keuangan perjalanan dinas Jokowi.

“Jokowi Presiden paling boros pengeluaran keuangan dalam sejarah Republik Indonesia. Ini harus diaudit! Pasti banyak ketidakberesan,” tukas bekas Anggota Tim Panel Ekonomi PBB bersama tiga peraih Nobel ini.

Terkait dengan keluhan Menteri Keuangan, Sri Mulyani soal anggaran perjalanan dinas aparatur sipil negara (ASN) yang terlalu besar, menurut Rizal Ramli, hal itu bisa saja tak terjadi bila Jokowi selaku Presiden bisa memberikan contoh yang baik.

“Tempo hari Menteri Keuangan mengeluh soal anggaran perjalanan PNS yang besar hingga mencapai Rp 39 Triliun. Mohon maaf, Jokowi sebagai pemimpin aja raja boros, makanya anak buahnya ngikut,” tutur Rizal Ramli.

“Jadi, Sri Mulyani jangan menyalakan PNS dong, kasih contoh dulu! Anggaran perjalan itu yang pemborosan, jadi PNS ikutan,” sambung Rizal Ramli.

“Selama ini kita dikelabui dengan image kerakyatan, sederhana tapi kelakuannya boros. Kebijakan Jokowi selalu bikin senang orang kaya,” tandas Rizal Ramli.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.