HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kekalahan Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam 2-0 tanpa balas pada Senin (9/1) kemarin, disoroti betul oleh netizen +62.

Bahkan, pasca kekalahan Timnas Indonesia, tagar Shin Tae-yong out ‘#styout’ langsung trending di media sosial Twitter hingga saat ini.

Terjadi perbedaan pandangan antar netizen di kolom trending tersebut, ada yang menyalahkan bahwa kekalahan Timnas Indonesia disebabkan ketidakpiawayan Shin tae-yong melatih Timnas Indonesia, ada juga yang menilai bahwa faktor pemain lah akibat dari tersingkirnya Merah Putih dari Piala AFF 2022.

Namun menariknya, meski tagarnya menyerukan Shin Tae-yong out, kebanyakan netizen Indonesia justru mendukung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Tol**, sok sokan bikin #styour, disini itu masalahnya bukan dari pelatih, tapi emang dari kualitas pemain kita yang sam**. Sekarang gini, dulu kenapa dengan komposisi pemain Korea STY bisa membawa Korea masuk Piala Dunia, bahkan sampe ngalahin Jerman? mikir bocah-bocah tol**,” tulis akun Twitter @luckyalvayettt, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (10/1).

“Cuman gara-gara kalah Piala AFF yang tidak masuk kalender FIFA, udah ada tagar #styout, otak kalian dongkol, semangat lu lemah. Kalo STY out, terus yang mau gantiin kakek lu? terus mau latihan dari awal lagi dengan pelatih baru, mau sampai kapan? lu mau yang instan juara? tetap pokoknya #stystay,” tulis akun @netizen_12345.

Selain itu, ada juga netizen yang justru mendorong Shin Tae-yong untuk lebih baik pergi meninggalkan Timnas Indonesia, ketimbang Curriculum Vitae (CV) pelatih Korea Selatan tersebut rusak.

“Serius, STY gak salah, dia disini dengan iklim sepak bola yang buruk, federasi yang bobrok, kompetisi yang bodoh, dan dibekali dengan pemain-pemain egois dan merasa bintang. Tapi boleh juga Shin Tae-yong out, kasian beliau kalo disini terus, gak berkembang,” ucap akun @mrfadillah__.

“Lawan full team lokal Thailand, susah menang. Lawan Vietnam 0 shoot on target. Kesempatan terakhir di Piala Asia walaupun ga yakin bisa lolos grup. Selebihnya bisa angkat koper dari Indonesia daripada CV anda rusak coach,” tulis akun @gstaryaaa.

Sebagai informasi, kini Vietnam sendiri tengah duduk nyaman di final Piala AFF 2022, mereka hanya tinggal menunggu pemenang antara Thailand melawan Malaysia, yang akan bertanding Selasa (10/1) malam nanti.