Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Waspada! Virus COVID-19 Varian Delta Penularannya Enam Kali Lebih Cepat Dibanding Varian Alfa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus COVID-19. Apalagi saat ini di Indonesia telah menyebar virus corona varian baru yakni delta.
“Varian baru ini (delta) lebih mudah menyebar di dalam masyarakat. Kita tahu varian baru ini (delta) bisa enam kali dari lebih cepat dibanding varian alfa. Ini tentunya membuat kasus kita berjalan secara eksponensial,” kata dr Siti Nadia Tarmizi dalam program Ruang Tamu Holopis.com, Selasa (29/06) siang.
dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, untuk mencegah laju penularan virus COVID-19 varian delta ini maka pemerintah mengencarkan percepatan vaksinasi.
Salah satu alasannya adalah varian COVID-19 delta ini telah ditemukan di beberapa kota di Pulau Jawa.
“Sampai saat ini kita melakukan percepatan vaksinasi untuk mengurangi laju penularan. Di beberapa kota di pulau Jawa kita temukan varian delta ini,” ucapnya.
Pemerintah, dikatakan dr Siti Nadia Tarmizi tidak bosan mengimbau masyarakat untuk membatasi mobilitas agar penularan bisa ditekan. Karena, meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia beberapa hari belakangan tak lepas dari tingginya mobilitas warga.
“Jadi jelas terjadinya peningkatan kasus penyebab utamanya mobilitas tinggi di bulan Ramadan dan liburan Idul Fitri dan juga ada protokol kesehatan yang kendor. Munculnya klaster mudik dan perumahan menunjukkan protokol kesehatan yang sudah kendor,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru