HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ada banyak cara dalam menjaga sistem imunitas tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang ada di luar sana.

Tak harus selalu mengonsumsi berbagai vitamin yang dijual di pasaran, menjaga kesehatan tubuh cukup dimulai dengan makan makanan bergizi dan tidur yang cukup.

Berbicara kepada Holopis.com, Minggu (8/1), Dokter Umum Murni Teguh Memorial Hospital Medan, Wiedya Kristianti Angeline mengatakan, olahraga hingga tidur yang cukup adalah cara penting untuk menjaga imunitas tubuh.

“Makan-makanan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup, banyak hidrasi dengan minum air putih yang cukup,” kata Dokter Wiedya.

Tak hanya menjaga istirahat dan tubuh yang terhidrasi, terlalu sering bermain gadget hingga tidak kenal waktu ternyata berperan penting dalam menurunkan imunitas.

“Jika disurvey, rata-rata penyakit itu sumbernya pola hidup, terutama makanan, tidur, dan mental, apalagi generasi jaman sekarang itu gadget ya,” lanjutnya.

Dokter Wiedya menjelaskan, terlalu sering main gadget tentu berpengaruh dengan imunitas tubuh, hal itu karena radiasi yang bisa mengganggu kualitas tidur seseorang.

“Cahaya dan radiasi gadget itu secara ilmiah terbukti mengganggu kualitas tidur,” pungkasnya.

Dokter Wiedya juga mengatakan bahwa tubuh tidak terlalu butuh asupan vitamin berlebihan seperti yang dijual di pasaran.

Hal itu karena kandungan-kandungan vitamin yang tak dibutuhkan tubuh hanya akan dibuang kembali.

“Kalau vitamin C, vitamin D itu masih oke, selain yang kita tahu fungsinya buat imun, bisa dibuang oleh tubuh kelebihannya di urin,” jelasnya.

Tuh, Sobat Holopis. Jangan terlalu sering main gadget sampai lupa tidur ya!