Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PB SEMMI Nilai Tiko Layak Jadi Duta Pemberdayaan Perempuan dan Anak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Akhir-akhir ini viral kisah pemuda kelahiran tahun 1999 yang bernama Pulung Mustika Abima alias Tiko.

Tiko viral karena merawat ibunya, Eny Sukaesih tanpa listrik dan air selama kurang lebih 11 tahun. Ibunya bahkan mengalami gangguan jiwa akibat ditinggal pergi oleh suaminya, ayah Tiko, Herman Moedji Susanto.

Hal ini menimbulkan reaksi dari berbagai kalangan, salah satunya Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (LBH PB SEMMI), Gurun Arisastra. Menurutnya, kisah Tiko harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah.

“Kisah Tiko ini luar biasa, sejak berumur 12 tahun ia merawat ibunya seorang diri yang mengalami gangguan jiwa selama 11 tahun, ini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah,” kata Gurun kepada Holopis.com, Jumat (6/1).

Kemudian, advokat muda itu juga mengapresiasi langkah Pemerintah yang telah menerjunkan tim Pemadam Kebakaran DKI Jakarta untuk membersihkan rumah Tiko dan dibantu oleh warga sekitar.

“Rumah Tiko sudah dibersihkan dan disemprot disinfektan oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, artinya ini bukti negara atau pemerintah hadir memberikan perhatian, tentu kita mengapresiasi ini,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Gurun juga menilai bahwa Tiko layak dijadikan Duta Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Oleh karena itu, dirinya pun akan mendorong Tiko untuk ditetapkan sebagai Duta Pemberdayaan Perempuan dan Anak oleh pemerintah sebagai bahan inspirasi semua anak-anak dan generasi muda Indonesia tentang pentingnya merawat dan menjaga orang tua mereka.

“Saya menilai Tiko layak dijadikan Duta Pemberdayaan Perempuan dan Anak, kita akan surati (pemerintah), kita akan usulkan ini pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak,” terangnya.

Gurun beralasan, sikap dan perilaku Tiko yang merawat dan memuliakan ibunya seorang diri patut menjadi teladan yang sangat baik. Apalagi, ibu Tiko tengah mengidap gangguan kejiwaan usai ditinggal oleh sang suami karena meninggal dunia.

“Tiko memiliki moralitas yang sangat baik, saya takjub, bagaimana ia merawat, mengasihi, memuliakan ibunya yang seorang wanita, selama kurang lebih 11 tahun ia tetap bertahan, tidak pergi meninggalkan ibunya, dan begitu kuat mentalnya sebagai anak. Ini layak kita dorong sebagai Duta Pemberdayaan Perempuan dan Anak,” pungkas Gurun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru