HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia gagal menjadi juara Grup A Piala AFF 2022 meski menang lawan Filipina, namun harus rela lolos ke semifinal dengan status runner-up, lantas mengapa hal itu bisa terjadi?

Diketahui, Timnas Indonesia dan Thailand mengemas poin yang sama sebelumnya dengan tujuh poin di Grup A Piala AFF 2022.

Kini, baik Timnas Indonesia maupun Thailand sama-sama sukses meraih kemenangan di laga pamungkasnya, sehingga poin pun bertambah menjadi 10 untuk kedua tim.

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Timnas Indonesia mampu menang atas Filipina dengan skor 2-1. Sementara Thailand berhasil menumbangkan Kamboja 3-1, Senin (2/1).

Meski sama-sama meraih kemenangan, nyatanya Timnas Indonesia harus pasrah melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A.

Timnas Indonesia kalah agresifitas gol dari Thailand. Tercatat, skuad Garuda hanya mengumpulkan 12 gol dengan kebobolan tiga gol.

Sedangkan Thailand berhasil mengumpulkan 13 gol dengan dua kali kebobolan gol. Maka dari itu, Thailand lah yang berhak menjuarai Grup A.

Namun, belum diketahui pasti siapa yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia dan Thailand di semifinal Piala AFF 2022.

Mengingat, juara dan runner-up Grup B akan ditentukan pada Selasa (3/1) nanti, dimana ada Malaysia yang akan bertemu dengan Singapura, dan Vietnam melawan Myanmar.

Juara Grup B sementara sendiri saat ini dipegang Vietnam, namun perolehan poin mereka sama dengan Singapura, yakni tujuh poin.

Dalam hal ini, Vietnam sejatinya sudah dipastikan lolos meski kalah sekali pun atas Myanmar. Sementara Singapura vs Malaysia akan jadi partai hidup mati untuk memperebutkan satu slot semifinal.

Berikut ini tabel klasemen akhir Grup A dan klasemen sementara Grup B Piala AFF 2022

Grup A Piala AFF 2022
Grup A Piala AFF 2022.[Gambar : Sofa Score]
Grup B Piala AFF 2022
Grup B Piala AFF 2022. [Gambar : Sofa Score]